Dark/Light Mode

Pj Gubernur Ajak 17 Ribu Pemuda Sumsel Tidak Golput

Minggu, 21 Januari 2024 14:51 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengajak sekitar 17 ribu pemilih pemula se-Sumsel untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan tidak golput.

"Pesan saya gunakan hak pilih sebaik-baiknya karena kesan pertama kita memilih itulah yang tidak akan kita lupakan. Oleh karena itu, gunakan kesempatan pertama ini dengan sebaik-baiknya," kata Fatoni dalam kegiatan ‘Pendidikan Politik Pemilih Pemula bagi Pelajar SMA Se-Sumsel di Gedung Asrama Haji Palembang, Sumsel, dikutip Minggu (21/1/2024).

Fatoni menegaskan, peran generasi muda sangat penting dalam memilih pemimpin untuk masa depan bangsa, negara dan daerah.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Minta Pemilih Pemula Sukseskan Pemilu

Mengingat, siswa-siswi kelas XII di Sumsel memiliki jumlah yang cukup besar yaitu 18,84 persen dari total pemilih di Sumsel.

"Pemilih di Sumsel ini 18,84 persen atau sebanyak 1.192.024 merupakan generasi Z atau pemilih pemula. Untuk itu, adik-adik sangat berperan dalam menentukan keberlangsungan bangsa kita satu suara dari kalian sangat berarti," ingatnya. 

Fatoni juga mengingatkan para pemilih agar tidak golput dan terprovokasi terhadap berita bohong (hoaks) yang akan menimbulkan konflik di masyarakat.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Lantik Penjabat Bupati OKI

"Saya berharap adik-adik sekalian tidak memilih golput, hindari politik uang, jangan terpengaruh pada berita hoax dan ikut menyebarkannya," imbaunya.

Dia juga berharap agar siswa-siswa SMA dapat menjaga status zero konflik di Sumsel.

"Kita harus bisa menjadi contoh daerah yang menyukseskan Pemilu, Pilkada dengan damai dan sukses komitmen ini kita harus jaga bersama jaga kondusivitas di Sumsel ini kita pertahankan zero konflik," ucapnya.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Segera Tinjau Titik Banjir di Kabupaten Muratara

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel H Alfajri Zabidi menyebut kegiatan ini menjadi salah satu upaya menyukseskan Pemilu dan Pilkada di Sumsel.

"Kegiatan kita hari ini kita laksanakan dengan menindaklanjuti program prioritas Pj Gubernur Sumsel ingin pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 di Sumsel berlangsung sukses dan damai," ujar Alfajri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.