Dark/Light Mode

Gibran Cawapres Paling Diperbincangkan di Media Online dan Medsos

Rabu, 24 Januari 2024 11:27 WIB
Dari kiri: Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar, dalam Debat Cawapres, di JCC, Minggu (21/1). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Dari kiri: Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar, dalam Debat Cawapres, di JCC, Minggu (21/1). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peran media sosial (medsos) dan media online semakin krusial dalam mengukur sejauh mana Capres-Cawapres dapat membangun citra dan dukungan publik. Evello Big Data Analitik merilis hasil analisisnya yang menunjukkan Gibran Rakabuming Raka menonjol sebagai Capres dengan interaksi paling tinggi di berbagai platform media online dan medsos, dengan menguasai 22 metrik yang signifikan, dalam periode pantau 1-23 Januari 2024.

Dalam pernyataannya, Founder Evello Big Data Analitik, Dudy Rudianto, menekankan bahwa tidak ada kandidat yang secara mutlak mendominasi ekspos ranah digital. Namun, Cawapres 03 Mahfud MD terlihat unggul tipis dengan Share Index 34,42 persen diikuti Cawapres 01 Muhaimin Iskandar 34 persen, dan Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka 32 persen.

"Ketiga Cawapres bergantian memimpin ekspos sepanjang Januari 2024. Mahfud MD mendominasi tipis, sedangkan Gibran unggul dari jumlah publikasi di media online," ungkap Dudy, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (24/1).

Baca juga : Pengamat Nilai Penampilan Gibran Lebih Unggul

Dudy Rudianto lalu menjelaskan, perbedaan ekspos dan interaksi. Ekspos adalah agregat jumlah pos konten atau unggahan di media sosial dan jumlah pemberitaan media. Sedangkan interaksi mengacu pada pengukuran berbagai jenis keterlibatan atau respons yang diterima tokoh dari seluruh platform media sosial yang digunakan tokoh untuk menjangkau audiens.

"Metrik interaksi bisa berupa komentar Instagram, video TikTok di-download atau jumlah tayang (views) video YouTube," terangnya.

Dari total 33.980 artikel berita selama Januari 2024, Gibran mendominasi pemberitaan dengan 16 ribu artikel, sedangkan Mahfud MD dan Cak Imin masing-masing memiliki 10 ribu dan 7 ribu artikel. Dalam hal keterlibatan online, Total Shared News Gibran 224.755, Mahfud 179.909 dan Cak Imin 163.273. Total Comments Gibran 29.675, Mahfud 27.290 dan Cak Imin 18.500. Total Reaction untuk Gibran adalah 117.782, Mahfud 92.668 dan Cak Imin 75.314.

Baca juga : Perdana: Gibran Fokus Keberlanjutan Dan Penyempurnaan

Dudy Rudianto menegaskan, interaksi digital bukan sekadar mencerminkan popularitas, melainkan juga membentuk opini publik terhadap seorang Cawapres melalui dinamika interaksi digital. Dalam dunia yang semakin terdigitalisasi, kekuatan online visibilities dapat mempengaruhi bagaimana masyarakat merespons Cawapres dan program yang ditawarkan.

Di Twitter, Gibran dan Mahfud menguasai tren replies pada Twitter, sementara Cak Imin menjadi Cawapres dengan quotes terbanyak. Cak Imin mengoleksi jumlah favorites terbanyak di Twitter dengan gap sangat tinggi dibandingkan Gibran dan Mahfud. Gibran unggul tipis atas Cak Imin dalam jumlah repost dan jauh meninggalkan Mahfud MD. Cak Imin menjadi kandidat Cawapres terbanyak ditonton warga Twitter pada periode 1-23 Januari 2024 dengan 83.524.378 kali tayang alias unggul lebih dari 10 juta kali tayang dibandingkan Gibran 72.816.880, dan jauh meninggalkan Mahfud 43.447.031 tayang.

Di Instagram, Gibran menguasai kuadran perbandingan antara Comment vs Likes dan juga Comment vs Views. Cak Imin yang sebelumnya berjaya di Twitter tertinggal dalam jumlah interaksi dibandingkan Mahfud. Jumlah Comment Gibran 616.501, Mahfud 363.332 dan Cak Imin 259.618. Jumlah Likes Gibran 15.124.530, Mahfud 5.997.528 dan Cak Imin 2.735.598. Jumlah views untuk Gibran 43.154.350, Mahfud 16.594.560 dan Cak Imin 14.534.186.

Baca juga : Debat Cawapres Jadi Tontonan Mahasiswa

YouTube juga menjadi medan perang digital, Gibran menguasai kuadran perbandingan antara Comment vs Likes dan juga Comment vs Views. Mengikuti kuadran di Instagram, Mahfud memiliki interaksi lebih tinggi dibandingkan Cak Imin. Jumlah Comment Gibran 974.221, Mahfud 717.799 dan Cak Imin 364.987. Jumlah Likes Gibran 1.283.115, Mahfud 1.014.456 dan Cak Imin 540.955. Jumlah views untuk Gibran 125.196.221, Mahfud 92.666.447 dan Cak Imin 50.989.369.

Di TikTok, Gibran menguasai jumlah interaksi melalui tombol Love sebanyak 83.887.030, Mahfud MD 11.859.401 dan Cak Imin 5.460.430. Adapun jumlah komentar yang dikoleksi Gibran mencapai 4.028.333, Mahfud 1.130.372 dan Cak Imin 410.378. Pada kuadran Shares vs Shares to WhatsApp di Tiktok, Gibran terbanyak dibagikan 1.681.095 shares dan 512.177 Shares to WhatsApp. Berada pada posisi kedua adalah Mahfud MD dengan shares 390.053 dan Shares to WhatsApp 132.512. Cak Imin di posisi ketiga dengan Shares 118.704 dan Shares to WhatsApp 42.949.

Masih di TikTok, pada kuadran Download vs Collect, Gibran terbanyak diunduh 1.316.308 download dan 4.856.279 Bookmark. Berada pada posisi kedua adalah Mahfud MD dengan unduhan 286.824 dan 811.163 bookmark. Cak Imin di posisi ketiga dengan unduhan 102.963 dan 313.506 bookmark.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.