Dark/Light Mode

The Economist Sebut Prabowo-Gibran Unggul 50 Persen, Relawan Pede 1 Putaran

Kamis, 25 Januari 2024 19:24 WIB
Paslon 02: Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Antara)
Paslon 02: Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koordinator Nasional Penerus Negeri Prabowo-Gibran, Muhammad Pradana Indraputra menanggapi survei yang dirilis media asal Inggris, The Economist, yang menyebut paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih dukungan sekitar 50 persen masyarakat Indonesia.

Menurutnya, survei tersebut menjadi semacam bahan bakar untuk menjemput kemenangan Prabowo-Gibran satu putaran.

“Survei itu sebenarnya bagi kami tidak mengagetkan. Saya rasa, survei ini menjadi bahan bakar untuk menjemput kemenangan,” kata Pradana dalam keterangannya, Kamis (25/1/2024).

Pradana menjelaskan, salah satu hal yang menjadi sorotan The Economist terkait elektabilitas Prabowo-Gibran adalah komitmen paslon tersebut terkait keberlanjutan berbagai program Presiden Jokowi.

"Poin ini adalah hal yang sangat penting, baik bagi dunia usaha di dalam negeri ataupun luar negeri. Selama 10 tahun, pembangunan Indonesia begitu sistematis, begitu juga infrastrukturnya. Konsep perizinan usaha pun kini menjadi lebih sederhana," tutur Pradana.

Baca juga : Aliansi Militan Gibran Siap Menangkan Prabowo-Gibran, Berharap Sekali Putaran

"Karena di era Pak Jokowi ini kan banyak sekali hal-hal yang secara fundamental sudah baik, dan akan disempurnakan oleh Pak Prabowo dan Mas Gibran,” imbuhnya.

Pradana pun memberi contoh, dalam konteks kredit usaha masyarakat kecil, Prabowo-Gibran akan mensejahterakan kelompok petani, nelayan, peternak dengan berbagai programnya.

Dalam konteks investasi, Prabowo-Gibran juga akan memberikan kemudahan berusaha, mendukung Undang-Undang Cipta Kerja, serta keberlanjutan pembangunan infrastruktur.

"Tax holiday dan tax allowance yang diberikan ke pelaku usaha, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, selama 9 tahun ini menjadi satu gula-gula. Menjadi daya tarik bagi dunia usaha, terutama di luar negeri,” paparnya.

Namun, Pradana memastikan, pihaknya tidak ingin cepat puas. Survei tersebut justru harus menjadi pemicu, untuk bekerja lebih keras lagi memenangkan pasangan Prabowo-Gibran.

Baca juga : Prabowo Unggul 50 Persen di Hasil Survei Capres oleh Media Asing The Economist

Dilihat dari tren yang ada saat ini, elektabilitas Prabowo-Gibran menunjukkan tren yang positif.

"Karena sudah tipis 47-48 persen elektabilitasnya. Saya rasa, survei hari ini menjadi pemicu kita untuk bekerja lebih keras, supaya bisa menang sekali putaran. Mudah-mudahan nanti, Pak Prabowo dan Mas Gibran bisa membuktikan survei tersebut tidak sembarangan,” tutur Pradana.

Untuk diketahui, survei yang dilansir The Economist edisi 16 Januari 2024, capres 02 mendapat dukungan sekitar 50 persen dari masyarakat Indonesia.

Survei itu dirangkum The Economist dalam artikel berjudul ‘Who Will Be The Next President of Indonesia’ yang dirilis pada Rabu 24 Januari 2024.

Survei tersebut mencoba memantau pertarungan para capres dan dukungan terhadap ketiganya.

Baca juga : Pengamat: Dukungan Erick Perkuat Peluang Prabowo-Gibran Menang Sekali Putaran

“Prabowo 50 persen, Ganjar 23 persen, dan Anies 21 persen. Meski terdapat penurunan suara antara periode September hingga Oktober 2023, elektabilitas Prabowo terus mengalami kenaikan pada 31 Oktober 2023 hingga Januari 2024,” tulis The Economist.

Media tersebut juga menggambarkan sosok Prabowo, yang jika terpilih sebagai Presiden Indonesia akan meneruskan program Presiden Jokowi.

“Prabowo tidak hanya menganut paham ‘Jokowinomics’ yaitu pembangunan berbasis infrastruktur, tetapi juga menggandeng putra Jokowi yang berusia 36 tahun, Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangannya,”beber The Economist.

Dalam kurun waktu beberapa bulan menjelang hari pencoblosan, beberapa lembaga survei di Indonesia juga telah merilis hasil temuannya terkait elektabilitas tiga pasangan calon presiden.

Survei teranyar antara lain dirilis Indikator Politik. Dalam survei tersebut, Prabowo-Gibran berada di posisi Teratas dengan elektabilitas 48,5 persen. Sementara survei LSI mengunggulkan Prabowo-Gibran dengan elektabilitas 47 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.