Dark/Light Mode

Survei ISC: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 52 Persen

Senin, 22 Januari 2024 23:00 WIB
Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Foto: Istimewa
Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia Survey Center (ISC) merilis hasil terkini bursa Pilpres 2024. Hasilnya, Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, berada di posisi puncak dengan raihan 52 persen.

Sontak, Paslon 02 memiliki peluang besar untuk memenangkan pesta demokrasi hanya dengan satu putaran saja.

"Pasangan Prabowo-Gibran memenangkan pertarungan dengan memeroleh 52,0 persen," kata Peneliti Senior ISC, Chairul Pane, saat merilis hasil survei secara daring, Senin (22/1/2024).

Dirincikan, keunggulan Prabowo-Gibran jauh melampaui paslon lainnya. Di posisi kedua, ada duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 21,7 persen.

Baca juga : Sri Sultan Bertemu Prabowo-Gibran: Santai, Ngobrol Hal Umum & Tukar Pikiran

Sementara, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi terakhir dengan 18,1 persen. Sementara tidak memilih sebesar 8,2 persen.

Survei membuktikan, Paslon 02 memiliki peluang besar memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran saja. Duet Prabowo-Gibran, akan tampil sebagai pemenangnya.

"Apalagi jika data yang disampaikan hari ini dibandingkan dengan data sebelumnya. Data tersebut menunjukkan tren peningkatan yang positif dari Prabowo-Gibran," katanya.

Chairul merincikan, dinamika elektabilitas paslon terjadi pasca debat di mana Prabowo-Gibran menunjukkan tren peningkatan. Duet Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud cenderung semakin menurun dari periode survei November 2023.

Baca juga : Survei SPIN: Elektabilitas Partai Gelora Naik Akibat Pendekatan Moderat

"Periode 25 November-4 Desember 2023, Prabowo-Gibran (44,4 persen). Ganjar-Mahfud (25,9 persen) dan Anies-Muhaimin (25,4 persen)," rincinya.

Selain itu, kata Chairul, ISC menemukan data bahwa 80 persen responden sudah yakin dengan paslon masing-masing. Sementara, ada 15,7 persen yang masih ragu-ragu atas pilihannya, dan 4,3 persen yang memilih tidak menjawab.

Chairul juga memaparkan bahwa pihaknya melakukan simulasi untuk head to head, artinya hanya ada 2 paslon sja diadu. Hasilnya, Prabowo-Gibran justru menang telak. Ketika diadu dengan Ganjar-Mahfud, hasilnya 63,3 persen berbanding 24,5 perseb. Sementara undecided voters sebanyak 12,2 persen.

Lalu ketika dihadapkan dengan Anies-Muhaimin, hasilnya, Prabowo-Gibran meraih 69,9 persen berbanding 20,7 persen dengan tingkat undecided voters 9,4 persen.

Baca juga : Elektabilitas Prabowo-Gibran 52 Persen, Berpeluang Menang Satu Putaran

"Strong voters cenderung terus meningkat sementara swing voter sebaliknya. Paslon Prabowo-Gibran memeroleh porsi strong voters terbesar dibandingkan dari kedua calon lainnya," pungkasnya.

Diketahui, survei ISC diselenggarakan dalam rentang waktu 11-19 Januari 2024 dengan melibatkan 1.670 responden yang ada di 34 Provinsi di Indonesia. Metode yang dugunakan adalah random digit dialing. Hasilnya, margin of error (MoE) 2,4 persen dengan tingkat konfidensial 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.