Dark/Light Mode

Survei LKPI: 54,7 Persen Pemilih Perempuan Ingin Prabowo-Gibran Menang Pilpres

Senin, 29 Januari 2024 14:55 WIB
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat kampanye akbar di Jakarta. (Foto: TKN Prabowo-Gibran)
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat kampanye akbar di Jakarta. (Foto: TKN Prabowo-Gibran)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) kembali melakukan survei terkait tingkat keterpilihan masyarakat terhadap ketiga Capres-Cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2024. Hasilnya, cukup bagi pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming memenangi Pilpres satu putaran. 

"Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di posisi pertama dengan 52,9 persen, kedua Ganjar Pranowo-Mahfud MD 27,4 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 18,2 persen," kata Direktur Eksekutif LKPI, Tobu Lubis dalam acara yang bertajuk "Pilpres 2024: Satu Putaran Versus Dua Putaran", Senin (29/1/2024).

Baca juga : Relawan Prabowo-Gibran, GatotKaca Lelang Hasil Karya Masyarakat

Kata Tobu, elektabilitas Prabowo-Gibran trennya terus meningkat. Untuk itu, memungkinan Pilpres 2024 hanya berlangsung satu putaran. "Survei ini dilakukan dengan metode wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini dengan tingkat kepercayaan 95 persen, sampling error 2 persen dan margin error sekitar 1,93 persen," ungkapnya. 

Dia menambahkan, pemilih wanita yang menjadi responden pada penelitian ini 54,7 persen memberikan pilihannya pada Prabowo-Gibran. Sebanyak 30,3 persen memberikan pilihan pada Ganjar-Mahfud. 

Baca juga : Arus Bawah Indonesia Dukung Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024 Sekali Putaran

"Sedangkan 10,1 persen memberikan pilihannya pada Anies-Muhaimin. Perlu diketahui pemilih wanita yang menjadi responden sebanyak 1269 jiwa," papar Tobu. 

Terpisah, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin mengatakan unggulnya Prabowo-Gibran dari hasil survei LKPI oleh pemilih perempuan karena adanya sosok Jokowi dan Gibran. "Unggulnya Prabowo-Gibran sebagai presiden yang di pilih kaum perempuan karena adanya sosok figur Jokowi dan Gibran," kata Ujang. 

Baca juga : Doa Warga Sumbar, Prabowo-Gibran Menang Pilpres Sekali Putaran

Ujang menyebutkan jika pemilih perempuan menyatakan memilih Gibran sebanyak 54,7 persen, maka hal ini akan mempengaruhi suara pada Pilpres 2024. Artinya akan membuka peluang Prabowo-Gibran menang satu putaran. "Figur Jokowi di kalangan perempuan masih tinggi elektabilitasnya," ungkap Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu. 

Dia menambahkan tingkat kepuasan terhadap Jokowi masih tinggi. Sehingga memengaruhi elektabilitas Prabowo-Gibran. "Adanya peran Jokowi dan tingkat kepuasan Jokowi yang saat ini masih tinggi jadi alasan elektabilitas Prabowo-Gibran tinggi," pungkas Ujang. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.