Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Empat Kali Safari Ke Sumbar

AMIN Dapat Sambutan Besar Di Tanah Minang

Kamis, 4 Januari 2024 07:30 WIB
Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan (tengah) saat kampanye di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (3/1/2024). Dalam kampanye tersebut Anies mengatakan akan mengatasi kemiskinan dengan memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/tom)
Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan (tengah) saat kampanye di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (3/1/2024). Dalam kampanye tersebut Anies mengatakan akan mengatasi kemiskinan dengan memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/tom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mengawali kampanye 2024 di Sumatera Barat (Sumbar). Kedatangan Anies disambut antusiasme warga sejak tiba di Bandara Internasional Minangkabau.

Melihat ribuan orang me­nyambutnya, Anies terharu dengan semangat masyarakat Minang menyambut perubahan. “Senang sekali bisa kembali ke Sumatera Barat. Masyarakat Minang ada di barisan perubahan, memimpi­kan Indonesia lebih adil bagi semua,” kata Anies di Bandara Internasional Minangkabau, Rabu (3/1/2024).

Sekadar catatan, ini kali ke­empat Anies blusukan ke Ranah Minang sejak resmi diusung se­bagai Capres. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu merasa, Minang menjadi rumah keduanya. Sebab, sejak kecil akrab dengan biografi tokoh-tokoh kelahiran tanah ini, dari mulai Bung Hatta, Bung Syahrir, Tan Malaka, Natsir, Hamka, Hj. Rangkayo Rasuna Said, Muhammad Yamin.

Baca juga : Anies Dapat Sambutan Meriah Di Sumbar, Relawan Yakin Menang 80 Persen

“Bundo Kanduang melahirkan pejuang-pejuang untuk Indonesia bisa seperti sekarang. Alhamdulillah ini saya baru sa­dar 4 kali ke sini. Rasanya masih perlu sering lagi bolak balik ke sini,” tuturnya.

Diketahui, Anies pertama kali ke Sumbar Desember 2022. Tepatnya, tak lama usai Partai NasDem menyatakan mengusung Anies untuk Pilpres 2024. Anies kembali menginjakkan kaki ke Ranah Minang pada Agustus 2023. Dia kembali lagi ke Sumbar untuk yang ketiga kalinya pada November 2023.

Dalam kesempatan ini, kampanye Anies diawali dengan kegiatan Desak Anies Lapangan Cindua Mato. Di susul Makan Bersama Petani (Bajamba) dan Kelompencapir Petani di Sawah Solok Padang Lindang. Serta mengisi agenda Pertemuan Simpatisan di Gor Tanjung Paku.

Baca juga : Gubernur Jabar Pastikan RSUD Sumedang Dapat Perhatian Khusus

Melihat antusiasme masyarakat Minang, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumbar Rahmat Saleh yakin betul AMIN bisa meraup 80 persen. Meskipun diakuinya, Sumbar pada Pemilu-Pemilu sebelumnya menjadi lum­bung suara Prabowo Subianto.

“Tahun-tahun kemarin ini punya kubu sebelah. Tapi seka­rang jadi basis AMIN. Target kita nanti, putaran pertama 80 persen untuk AMIN di Sumatera Barat,” kata Saleh.

Menurutnya, di berbagai lembaga survei, elektabilitas Anies terus meningkat signifikan. Bahkan, sebelum resmi menjadi Capres, Anies sudah unggul. Kedatangan Anies berkali-kali di Sumbar juga akan semakin mendongkrak duet AMIN.

Baca juga : Pulih Dari Cedera, Jordi Amat Siap Tempur Di Piala Asia 2023

Lebih jauh, Saleh juga tak menampik peran caleg dan kader partai pengusung dan soliditas gerak relawan yang organik.

“Kita mempunyai struktur pa­sukan yang baik, tiga partai koal­isi NasDem, PKB, PKS plus dua partai tambahan Partai Ummat dan Partai Masyumi tambah kuat dan solid. Plus Relawan Manies, emak-emak Anies dan di luar itu banyak relawan sekitar 59 simpul relawan sudah bergerak massif,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 4/1/2024 dengan judul Empat Kali Safari Ke Sumbar, AMIN Dapat Sambutan Besar Di Tanah Minang  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.