Dark/Light Mode

Jokowi-Kaesang-Gibran Berkegiatan Di Jawa Tengah, PSI Sebut Hanya Kebetulan

Selasa, 23 Januari 2024 05:36 WIB
Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni. (Foto: Ist)
Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjawab soal Presiden Joko Widodo, calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, dan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep sama-sama berkegiatan di Jawa Tengah, Senin (22/1/2024). Ketiganya memang berada di agenda yang berbeda.

Presiden Jokowi sendiri membagikan bantuan, meresmikan infrastruktur, hingga menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Sementara itu, Gibran bersilaturahmi ke pondok pesantren di Batang dan menghadiri orasi kebangsaan di Kendal. 

Adapun Kaesang Pangarep membuka kampanye akbar perdana PSI di Lapangan Jajar, Kota Solo. PSI sendiri menekankan tak ada koordinasi terkait agenda Kaesang dengan kegiatan Jokowi dan Gibran.  

"Yang pasti enggak ada koordinasi," kata Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni di Kota Solo Jawa Tengah, Senin (22/1/2024).

Baca juga : Pengukuhan MU Perubahan Di Jateng Dihadiri Anies Dan Ribuan Relawan

Dia menyampaikan PSI memiliki kalkulasi politik untuk menentukan lokasi kampanye akbar perdana. Hal ini juga disesuaikan dengan sistem zonasi kampanye akbar yang ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

"Ini kebetulan kita kampanyenya disini, besok kita (PSI) akan kampanye di Sidoarjo (Jawa Timur). Apakah Pak Jokowi, Mas Gibran juga di Sidoarjo, kita enggak ada koordinasi. Ini betul-betul internal PSI," jelasnya.

"Ya sejak zonasi keluar, kita coba otak-atik, dengan memecah variabel, termasuk kesiapan teman-teman di daerah. Jadi ada hitungannya," sambung Raja Juli.

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang itu pun mengapresiasi antusiasme masyarakat Jawa Tengah menghadiri kampanye akbar perdana PSI. Raja Juli yakin PSI dapat meraup suara tinggi di Jawa Tengah untuk Pileg 2024

Baca juga : Prabowo: Tiap Bersentuhan Dengan Rakyat, Energi Saya Bertambah

"Saya katakan tadi, antusias masyarakat Jateng itu sangat terasa baik. Litbang kompas PSI diurutan nomor 5. Dalam waktu kurang lebih 3 minggu (sisa masa kampanye) ini, pasti PSI akan mendapatkan kursi yang banyak," tutur Raja Juli.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana menegaskan kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Jawa Tengah pada Senin (22/1/2024) hari ini tak terkait kampanye akbar maupun Pemilu 2024.

Dia mengatakan agenda kunjungan kerja Jokowi ke Jawa Tengah untuk memastikan program-program prioritas pemerintah berjalan sesuai rencana.

"Ya kampanye terjadi di seluruh tempat di Indonesia kan. Jadi kita tahu bahwa kunjungan kerja presiden itu sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan pemilu," kata Ari Dwipayana kepada wartawan, Senin (22/1/2024).

Baca juga : Ganjar Masuk Jawa Tengah, Mahfud Susuri Jawa Timur

"(Kunjungan) Ini terkait dengan memastikan program-program prioritas termasuk program Indonesia Sehat, Indonesia Pintar itu terlaksana," sambungnya.

Menurut dia, Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi dengan jumlah penduduk yang banyak. Untuk itu, kata Jokowi, progrsm pelayanan dan perlindungan sosial harus dipastikan berjalan dengan baik.

"Jadi daerah-daerah itu yang kemudian banyak harus kita lihat, apakah pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, termasuk juga Kartu Indoensia Pintar, dan KIS, BPJS itu sudah terlayani dengan baik," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.