Dark/Light Mode

Sukses Kelola Sampah 60 Ton Per Hari

Ganjar Tantang Pemuda Bekasi Beresin Bantargebang

Senin, 5 Februari 2024 17:54 WIB
Capres Ganjar Pranowo (kiri semakin kagum saat melihat pengolahan sampah organik menjadi maggot atau pakan ternak di Bekasi.(Foto: Istimewa)
Capres Ganjar Pranowo (kiri semakin kagum saat melihat pengolahan sampah organik menjadi maggot atau pakan ternak di Bekasi.(Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bermula dari keresahannya pada persoalan sampah yang tak kunjung selesai di wilayah Bekasi, Mohamad Bijaksana Junerosano mendirikan Waste4change.

Perusahaan jasa pengelolaan sampah berbasis daur ulang ini mempu mengolah sampah 60 ton per hari.

Cerita itu disampaikan Sano, begitu dia akrab dipanggil saat bertemu calon Presiden no urut 3 Ganjar Pranowo.

Baca juga : Pastikan Bansos Tepat Sasaran, Ganjar Janji Permudah Bantuan Lewat KTP Sakti

Ia mengatakan, Waste4Change sudah memiliki klien terdiri dari 200 lembaga, institusi serta 1.500 rumah warga dengan memastikan terjadinya sirkular ekonomi.

"Pengelolaan sampah dengan dipilah masing-masing jenis yang ada," kata Sano.

Setiap klien juga diedukasi, diberi pemahaman bahwa sampah dipilah menjadi tiga. Misalnya sampah residu yakni sampah yang tidak bisa dikelola lagi atau tidak bisa menjadi daur ulang.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Sabtu 3 Februari Hadir Di Kantor Kecamatan Bekasi Barat

"Seperti misalnya sachet, kemudian plastik yang tipis-tipis itu kemudian menjadi RDF namanya. Produk-produk yang menjadi bahan bakar untuk semen. Jadi ada rantai berikutnya, setelah Waste4Change ini kemudian bisa menjadikan ekonomi itu berputar,” katanya, Senin (5/2/2024).

Ganjar semakin kagum saat melihat pengolahan sampah organik menjadi maggot atau pakan ternak melalui metode open window-kompas.

"Ini contoh yang cukup bagus, bisa kita tunjukkan kepada publik praktiknya sudah terjadi sejak tahun 2015. Saya tantang sama beliau, bisa nggak diselesaikan Bantargebang, bisa. Nah, kalau kita bicara ekonomi sirkular ternyata ini bagus sekali," katanya.

Baca juga : Alasan Pilih Capres: Prabowo Tegas, Ganjar Perhatian Pada Rakyat, Anies Pintar

Tantangan Ganjar itu disambut antusias oleh Sano.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.