Dark/Light Mode

Forum Rektor Indonesia Serukan Pemilu Damai Dan Aman, Demi Menjaga Persatuan

Senin, 5 Februari 2024 20:03 WIB
Deklarasi Pemilu Damai di Universitas Hasanuddin UNHAS, Makassar, Sabtu (3/2/2024), dihadiri oleh lebih dari seratus pengurus dan anggota forum. (Foto: Ist)
Deklarasi Pemilu Damai di Universitas Hasanuddin UNHAS, Makassar, Sabtu (3/2/2024), dihadiri oleh lebih dari seratus pengurus dan anggota forum. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Forum Rektor Indonesia mengadakan deklarasi menyerukan pemilu damai dan aman sebagai tanggapan atas aksi yang dilakukan oleh beberapa kampus tersebut.

Deklarasi ini disampaikan dalam suatu acara yang berlangsung di Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar, Sabtu, 3 Februari 2024, dihadiri oleh lebih dari seratus pengurus dan anggota forum.

"Dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata salah satu perwakilan Forum Rektor Indonesia saat membacakan deklarasi Pemilu aman dan damai, seperti dalam keterangan yang diterima.

deklarasi ini menandai komitmen bersama untuk mendukung jalannya Pemilu yang damai tanpa disertai kekerasan ataupun provokasi yang dapat merugikan persatuan bangsa.

Baca juga : Tolak Provokasi, Forum Rektor Indonesia Serukan Pemilu Damai, Ini Deklarasinya

Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, Rektor Universitas Hasanuddin, sebagai pembaca deklarasi, menyampaikan lima poin utama yang dianggap vital untuk mencapai tujuan ini. Poin pertama adalah ajakan kepada seluruh komponen bangsa untuk menyukseskan Pemilu 2024 dengan aman dan damai. 

Poin kedua menyatakan penolakan dari segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang mencederai pesta demokrasi.

Poin ketiga terdapat ajakan untuk bersama sama menangkal berita hoaks dan ujaran kebencian yang dapat ganggu jalannya pemilu 2024. Dalam era digital ini, informasi yang cepat tersebar dapat menjadi dua sisi mata uang yang baik jika benar dan konstruktif, namun berbahaya jika tidak terkontrol dan penuh dengan kebencian.

Point keempat, forum Rektor mengajak warga negara yang mempunyai hak pilih untuk menggunakan hak tersebut sesuai dengan hati nurani mereka dan tidak abstain (golput). Poin keempat ini menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam demokrasi serta menghargai perbedaan pilihan yang ada.

Baca juga : Kiai Dan Ulama Ingatkan Etika Demokrasi Hingga Doa Bersama Untuk Ganjar-Mahfud

Terakhir, poin kelima menegaskan bahwa kampus bukanlah tempat untuk memecah belah, melainkan untuk menjaga kondusivitas dan memberikan edukasi kepada komponen bangsa agar tercipta pemilu yang jujur, adil, aman, dan damai.

Dari kurang lebih 140 pengurus dan anggota yang menghadiri deklarasi pemilu damai oleh Forum Rektor Indonesia, ada beberapa nama pengurus yang membacakan deklarasi yakni: 

- Rektor Universitas Hasanuddin (Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc)
- ⁠Rektor Universitas Negeri Surabaya/Ketua (Prof Dr Nurhasan, MKes.)
- ⁠Rektor Universitas Negeri Mataram (Prof Ir Bambang Hari Kusumo)
- ⁠Rektor Universitas Negeri Jakarta (Prof Dr Komarudin, MSi)
- ⁠Rektor Universitas Terbuka (Prof Dr Ojat Darojat, MBus, PhD)
- ⁠Rektor Universitas Wahid Hasyim (Prof Dr H Mudzakkir Ali, MA)
- ⁠Rektor Universitas Teknorat Indonesia (Dr HM Nasrullah Yusuf, SE, MBA)
- ⁠Rektor Universitas Lambung Mangkurat (Prof Dr Ahmad Alim Bachri, SE, MSi)
- ⁠Rektor Universitas Borneo (Prof Dr Adri Patton MSi)
- ⁠Rektor Politeknik Negeri Media Kreatif (Dr Tipri Rose Kartika)
- ⁠Rektor Universitas Negeri Gorontalo (Prof Dr Ir H Nelson Pomalingo, MPd)
- ⁠Rektor Universitas Balikpapan (Dr. Ir. M. Isradi Zainal, M.T., M.H., M.M., DESS., M.K.K.K., IPU)

Deklarasi ini tidak hanya menunjukkan komitmen kuat dari kalangan akademisi terhadap pemeliharaan demokrasi dan persatuan bangsa tetapi juga mengingatkan semua pihak tentang pentingnya berpartisipasi secara aktif dan positif dalam proses demokrasi. 

Baca juga : Perekonomian Indonesia Solid Didorong Inflasi Terkendali Dan PMI Yang Ekspansif

Forum Rektor Indonesia, melalui inisiatif ini, berharap dapat menginspirasi seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mendukung jalannya Pemilu 2024 yang aman, damai, dan berintegritas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.