Dark/Light Mode

Ketika Park Ahn Nice Jadi Sorotan Media Asing

Jumat, 9 Februari 2024 19:57 WIB
Ketika Park Ahn Nice Jadi Sorotan Media Asing

RM.id  Rakyat Merdeka - Media asing menyoroti fenomena kampanye capres 01 Anies Baswedan lewat jalur K-pop, subgenre musik pop Korea yang mendunia. Nama mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kini diplesetkan menjadi Park Ahn Nice. Seperti bunyi fonetik Korea.

Julukan ini disematkan kepada Anies, karena dia terhitung aktif kampanye dengan menggunakan jalur K-pop di TikTok dan Twitter-nya.

Kampanye jalur K-pop sebetulnya tak begitu mengherankan. Mengingat aliran musik ini begitu digandrungi anak muda Indonesia: kaum milenial dan Gen Z yang mendominasi pemilih di Pilpres 2024.

Baca juga : Kaesang: Penghapusan Kartu Tani Jadi Aspirasi Terbanyak Diterima PSI

Dalam event kampanye yang dihadiri ratusan orang di Jakarta pada Kamis (8/2/2024), seorang fans K-pop garis keras mem-photoshop wajah Anies yang memakai kacamata hitam dengan gaya bintang pop Korea Selatan, di atas merchandise kaos.

Sementara yang lainnya, tampak memegang poster, kipas kertas, dan stiker yang dihiasi dengan wajah Baswedan dengan gaya K-pop.

"Lucu, sangat kontemporer," kata seorang pendukung Anies, analis pajak Nurul Hidayah seperti dikutip Channel News Asia, Jumat (9/2/2024).

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Jamin Layanan Energi Jelang Pemilu 2024

"Materi kampanye biasanya kuno, membosankan. Tapi yang ini, sangat menyenangkan," tuturnya.

Pengusaha muda Hafidz Surapranaya juga sepemikiran. "Saya pikir itu adalah strategi yang baik bagi mereka untuk menggunakan tren K-pop. Kampanye ini benar-benar unik," ujar pria berusia 32 tahun itu.

Tak Alergi Politik

Antropolog digital Karlina Ocktaviany mengatakan, fans K-pop tidak alergi berbicara politik. "Ini efektif dalam mendapatkan kesadaran pemilih," katanya.

Baca juga : Cetak Sejarah, Ini Kunci Yordania Menembus Final Piala Asia

Kandidat capres lainnya, Prabowo Subianto juga meramaikan media sosial dengan joget gemoy-nya.

Tahun lalu, Gerindra bagi-bagi tiket Blackpink gratis. Syaratnya, berfoto di baliho atau billboard Prabowo Subianto dengan atribut Blackpink.

Sedangkan Ganjar Pranowo, pernah menanyakan follower media sosialnya, bintang K-pop mana yang mesti diundang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.