Dark/Light Mode

Elektabilitas Capres-Cawapres

ID Insight: Ganjar-Mahfud 37,8 Persen, Prabowo-Gibran 34,3 Persen

Sabtu, 10 Februari 2024 22:26 WIB
Capres-Cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud. Foto: Istimewa
Capres-Cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei teranyar Lembaga Survei Indonesia Data Insight (ID Insight), elektabilitas Capres-Cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud secara tertutup mengungguli pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Simulasi elektabilitas pasangan Capres dan Cawapres dengan model pertanyaan tertutup, pasangan Ganjar-Mahfud lebih unggul 37,8 persen. Sedangkan Prabowo Gibran 34,3 persen dan Anies Muhaimin 21,4 persen," Kata Direktur Eksekutif sekaligus Peneliti Senior di Lembaga Indonesia Data Insight (Id-Insight) John Muhammad di Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

Baca juga : Survei IPE: Elektabilitas Ganjar-Mahfud 35,4 Persen, Kalahkan Prabowo-Gibran

Lembaga Survei Indonesia Data Insight (ID Insight) merilis hasil survei mereka selama 1-8 Februari 2024. Berdasarkan hasil survei mereka pada 1200 responden dengan margin of error 2,83 persen, John mencatat elektabilitas tertutup Ganjar-Mahfud jika dilakukan hari ini sebesar 35,6 persen.

Sementara itu, Prabowo-Gibran di angka 33,8 persen dan Anies-Muhaimin 26 persen. Sementara itu, dalam simulasi suara hari ini, Ganjar-Mahfud memperoleh 36,8 persen. Prabowo-Gibran mampu memperoleh 33,8 persen dan Anies-Muhaimin 25,1 persen.

Baca juga : Warga NTB Apresiasi Program Perbaikan Gizi Prabowo-Gibran

"Simulasi elektabilitas pasangan capres dan cawapres dengan model pengajuan surat suara, hasilnya tidakterpaut jauh dengan model pengajuan pertanyaan tertutup, pasangan Ganjar Mahfud di level 38,3 persen, Prabowo Gibran 34,8 persem dan Anies Muhaimin 22,3 persen," Kata John.

Dalam simulasi head to head hari ini, Ganjar-Mahfud menang dengan angka 53,8 persen saat melawan Prabowo-Gibran yang hanya meraup 41,1 persen.

Baca juga : Pengamat: Ahok Amunisi Ganjar-Mahfud Serang Prabowo-Gibran

Ganjar-Mahfud menang jauh dengan angka 61 persen saat melawan Anies-Muhaimin yang hanya memperoleh 36 persen. Sementara itu, Prabowo-Gibran menang tipis dengan angka 48,4 persen dari Anies-Muhaimin yang memperoleh 47,5 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.