Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Survei IPE: Elektabilitas Ganjar-Mahfud 35,4 Persen, Kalahkan Prabowo-Gibran

Sabtu, 10 Februari 2024 22:14 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud. Foto: Istimewa
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Indonesia Political Expert (IPE) menyatakan, dalam hasil survei terbarunya, elektabilitas Capres-Cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud mencapai 35,4 persen. Ganjar-Mahfud mengalami kenaikan dan mengalahkan dua paslon lainnya.

"Elektabilitas paling tinggi didapatkan pasangan Ganjar-Mahfud dari 33,57 di bulan Desember 2023, menjadi 35,4 di Februari 2024," ujar Direktur Eksekutif IPE Agustanto Imam Suprayogo dalam keterangannya, Sabtu (10/2/2024).

Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang mencapai 32,4 persen. Sedangkan Capres-Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) hanya meraih 27,7 persen.

Baca juga : Survei LSI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 51 Persen

"Sementara itu, angka yang tidak tahu dan tidak menjawab saat ini turun di angka 4,5 persen," tutur Imam.

Hasil survei juga menunjukkan basis strong voter atau pemilih kuat Ganjar-Mahfud mencapai 87,9 persen, diikuti AMIN 86,7 persen dan Prabowo-Gibran 76,2 persen.

Pengamat politik Ray Rangkuti menilai, elektabilitas Prabowo-Gibran yang rendah disebabkan sejumlah faktor.

Baca juga : Tembus 57 Juta Likes, Pesta Rakyat Prabowo-Gibran Viral Di TikTok

Salah satunya kedekatan dengan masyarakat. Prabowo-Gibran jarang berinteraksi dan kampanye sehingga pertumbuhan suara rendah.

"Kalau kita lihat di banyak survei apa alasan utama mereka orang memilih karena dia merasa dekat. 02 adalah paslon menurut saya paling jarang berinteraksi dengan warga karena mereka paling jarang kampanye," kata Ray.

Hal ini, kata dia, berbeda dengan paslon nomor urut 3 dan 1. Paslon nomor urut 3 menggelar kegiatan Tabrak Prof! atau Gelar Tikar Ganjar untuk menyapa masyarakat.

Baca juga : Warga NTB Apresiasi Program Perbaikan Gizi Prabowo-Gibran

Sementara itu, paslon nomor urut 1 punya program Desak Anies. Selain itu, Anies, Ganjar dan Mahfud mendekat rakyat lewat aplikasi TikTok di malam hari. Oleh karena itu wajar suara naik.

"Itu sebetulnya semakin banyak ketemu generasi muda menimbulkan efek elektoral ke mereka," tutur Ray.

Sebagai informasi, responden survei ini merupakan WNI yang telah memiliki hak pilih, berusia 17 tahun atau sudah menikah, dan terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT). Survei menggunakan metode sampling dengan margin of error 2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.