Dark/Light Mode

Survei Roy Morgan

Elektabilitas 46 Persen, Peluang Prabowo-Gibran Lolos 1 Putaran Makin Gede

Jumat, 9 Februari 2024 15:22 WIB
Survei Roy Morgan Elektabilitas 46 Persen, Peluang Prabowo-Gibran Lolos 1 Putaran Makin Gede

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei terbaru Roy Morgan menguatkan posisi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk menang satu putaran, dalam Pilpres 2024. Dengan elektabilitas 46 persen, atau naik 3 persen dibanding riset Desember 2023.

Prabowo jauh meninggalkan Anies Baswedan, yang hanya mengantongi 31 persen atau terpaut 15 persen. Selisih keunggulan Prabowo naik, dari 13 persen pada Desember 2023.

Anies yang mengantongi elektabilitas 31 persen atau naik 7 persen, dijagokan lolos ke putaran 2, jika Prabowo gagal mencapai mayoritas.

Baca juga : Tembus 53 Persen, Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran Makin Terbuka

Sementara elektabilitas Ganjar, mentok di angka 23 persen, atau turun 7 persen dibanding survei sebelumnya. Yang tidak memilih, hanya 4 persen.

"Prabowo berada di ambang kemenangan putaran pertama. Dukungannya meningkat hingga 46 persen. Jaraknya dengan Anies, terpaut sangat jauh," kata Direktur Roy Morgan Indonesia, Ira Soekirman dalam keterangannya, Jumat (9/2/2024).

Untuk diketahui, mengacu Pasal 416 ayat (1) UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, paslon terpilih adalah paslon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, dengan sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi, yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.

Baca juga : Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo-Gibran 51,8 Persen, Peluang Pilpres 1 Putaran Meningkat

"Lonjakan dukungan untuk Prabowo, tak lepas dari keputusannya memilih putra Presiden Jokowi: Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres, pada akhir Oktober 2023," imbuh Ira.

Asal tahu saja, dalam riwayat Pilpres, Prabowo dua kali kalah dari Jokowi. Di Pilpres 2014, Prabowo hanya mampu meraup angka 46,8 persen. Tertinggal dari Jokowi yang mengantongi angka 53,2 persen.

Di Pilpres 2019, Prabowo hanya mampu meraih angka 44,5 persen. Di bawah Jokowi yang menang 55,5 persen.

Baca juga : Pemuda Pemilih Pandai Banten Yakin Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran

Pemilu Serentak di Indonesia, baik Pemilihan Presiden atau Pemilihan Legislatif, akan digelar pada 14 Februari 2024. Bila berjalan hingga putaran kedua, coblosan lanjutan akan digelar pada 26 Juni 2024.

Survei Roy Morgan dilakukan pada Januari 2024 dengan melibatkan 1.267 pemilih berusia 17+. Menggunakan metode wawancara tatap muka di 17 provinsi, dengan memastikan sampel yang seimbang dalam mewakili pemilih, baik secara geografis maupun demografis.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.