Dark/Light Mode

Quick Count LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Menangkan Pilpres Seputaran

Rabu, 14 Februari 2024 20:52 WIB
Peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas saat konferensi pers, Rabu (14/2/2024). Foto: Istimewa
Peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas saat konferensi pers, Rabu (14/2/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memaparkan hasil quick count Pilpres 2024 lembaganya. Dari data hang sudah masuk mencapai 90,75 persen, duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dipastikan memenangkan Pilpres 2024 sekali putaran.

Quick Count LSI Denny JA menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel 2.000 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia. Margin ef error dari quick count LSI Denny JA sebesar plus minus 1 persen.

"Dari jumlah pemilih kita, ada 203 juta pemilih di dalam negeri, total dengan di LN ada sekitar 204 juta pemilih dan jumlah TPS-nya sebesar 820.161 TPS, maka diambil 2.000 TPS yang tersebar secara proporsional dan dipilih secara acak di seluruh provinsi di Indonesia," kata Peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas saat konferensi pers, Rabu (14/2/2024).

Baca juga : Rayakan Kemenangan Quick Count, Prabowo Ajak Bersatu, Tak Bertengkar Lama-lama

TPS yang jadi sampel quick count LSI Denny JA tersebar di Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, dan Sumatera Utara.

Prabowo-Gibran unggul atas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Prabowo-Gibran meraih suara 58,45 persen berdasarkan data yang masuk hingga pukul 18.50 WIB.

Secara rinci, berdasarkan data yang telah masuk 90,75 persen, ungkapnya, pemenangnya adalah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan 58,45 persen.

Baca juga : Bamsoet Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran yang Menang versi Quick Count

Disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara 24,99 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan suara 16,56 persen.

"Ketika data masuk 100 persen, diperkirakan tidak akan jauh berbeda urusannya dari pemenang Capres-Cawapres ini. Berdasarkan quick count, pemilu presiden satu putaran dimenangkan Prabowo-Gibran," tandasnya.

Pendiri LSI Denny JA, Denny Januar Ali mengucapkam selamat kepada Prabowo-Gibran yang dipastikan menang satu putaran.

Baca juga : Tak Cuma Di Quick Count, Prabowo-Gibran Juga Unggul Di Real Count KPU

"Yang resmi dan akan kita ikuti nanti adalah hasil KPU yang akan difinalkan mungkin lima minggu mendatang. Tetapi pada Pilpres 2019, perbedaan Quick Count LSI Denny JA dengan hasil resmi KPU lima minggu kemudian hanya 0,12 persen," tutur Denny JA dalam keterangannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.