Dark/Light Mode

Prabowo-Gibran Menang Versi Quick Count, Jokowi: Tunggu Hasil Resmi KPU

Kamis, 15 Februari 2024 13:20 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana usai mencoblos di TPS Gambir, Jakarta.
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana usai mencoblos di TPS Gambir, Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang menunjukkan Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres dengan mendapat dukungan 58 persen. Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi meminta publik agar menunggu hasil resmi perhitungan KPU. 

Jokowi mengatakan, hasil penghitungan quick count itu adalah metode penghitungan yang ilmiah. "Tapi apapun kita harus menunggu hasil resmi dari KPU, jadi sabar. Ojo kesusu, sabar," kata Jokowi, usai membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Baca juga : Prabowo-Gibran Unggul di Quick Count, IHSG dan Rupiah Meroket

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengaku bertemu dengan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka pada Rabu malam. Pertemuan itu juga dihadiri Prabowo Subianto. Pertemuan dilakukan sebelum Prabowo dan Gibran merayakan kemenangan di Istora Senayan, Jakarta. 

"Berempat. Ya ga perlu saya sebut," kata Jokowi. 

Baca juga : Prabowo Usai Unggul di Quick Count: Kami akan Rangkul Semua Unsur dan Kekuatan

Seperti diketahui, hari pemungutan suara Pemilu 2024 telah usai pada Rabu 14 Februari 2024. KPU masih melakukan perhitungan suara. Namun sejumlah lembaga survei telah merilis hasil hitung cepat.

Secara umum, hasil hitung cepat itu serupa. Pasangan Prabowo-Gibran berada di posisi pertama dengan mendapat dukungan suara di kisaran 58 persen. Di posisi kedua ada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan raihan 24 persen, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 17 persen. 

Baca juga : Pidato Prabowo Usai Unggul Quick Count: Bersyukur dan Tunggu Hasil Resmi KPU

Menanggapi hasil tersebut, Prabowo dalam pidatonya di Istora Jakarta, mengatakan telah memenangkan Pilpres satu putaran. Namun ia meminta pendukungnya untuk menunggu hasil resmi KPU. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.