Dark/Light Mode

Anies Dan Ganjar Tunggu Hasil Resmi

Kamis, 15 Februari 2024 08:10 WIB
Capres nomor urut 01 Anies Baswedan menggunakan hak pilihnya di TPS 060, Lebak Bulus, Jakarta sedangkan Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo menggunakan hak pilihnya di TPS 11 Lempongsari, Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Tedy Kroen/Ahmad Ali Futhuhin/RM)
Capres nomor urut 01 Anies Baswedan menggunakan hak pilihnya di TPS 060, Lebak Bulus, Jakarta sedangkan Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo menggunakan hak pilihnya di TPS 11 Lempongsari, Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Tedy Kroen/Ahmad Ali Futhuhin/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 01 Anies Baswedan dan Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo tidak mau buru-buru menyimpulkan hasil Pilpres 2024. Meskipun hasil hitung cepat (quick qount) berbagai lembaga survei memenangkan Capres 02 Prabowo Subianto, Anies dan Ganjar tunggu hasil resmi dari KPU.

Hingga semalan, rekapitulasi suara yang dilakukan KPU masih berjalan. Hingga pukul 21.30 WIB, proses rekapitulasi yang ditampilkan dalam situs KPU baru mencapai 18,5 persen dari total TPS yang ada di Indonesia. Untuk sementara, Paslon 02 Prabowo-Gibran unggul dengan memperoleh 56,17 persen. Pasangan 01 Anies-Muhaimin Iskandar mendapat 23,87 persen. Sedangkan Paslon Ganjar-Mahfud di posisi terakhir dengan meraih 19,96 persen.

Meskipun baru sementara, real count KPU ini tidak berbeda jauh dengan hasil quick qount (hitung cepat) yang dilakukan lemaga survei. Sejumlah lembaga survei merilis, Prabowo-Gibran menang 1 putaran dengan meraih 56 sampai 57 persen suara.

Baca juga : Pilpres Sudah Selesai, Waktunya Bersatu Lagi

Sedangkan Anies-Imin meraih 23 sampai 24 persen suara. Sementara Ganjar-Mahfud meraih suara di kisaran 16 sampai 17 persen suara. Bahkan datang masuk pada lembaga Charta Politika sudah mencapai 99 persen dengan Prabowo-Gibran sebagai juada Pilpres 2024.

Menyikapi hasil hitung cepat ini, Anies masih berupaya santai. Anies tidak mau hanya berpatokan pada quick count yang sampai tadi malam menempatkan Prabowo-Gibran juara Pilpres 2024.

“Kita tunggu dulu. Kita tunggu sampai perhitungan KPU selesai, jangan buru-buru, santai, masih panjang,” kata Anies di Sekretariat Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin Iskandar di Menteng, Jakarta, Rabu (14/2/2024).

Baca juga : Relawan Pro Jokowi Ajak Hormati Keputusan Rakyat

Dia menyerukan kepada pendukungnya untuk sabar. Jangan sampai tergiring arus pollster. “Kasih waktu bagi KPU untuk kerja. Jangan kita tergiring harus cepat sekarang,” tambah mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Bahkan, Anies berulang kali mengatakan hal yang sama, termasuk ketika ditanya terkait kemungkinan kemenangan satu putaran yang diperoleh Prabowo-Gibran.

“Sebelum sampai whats next, kita tunggu dulu sampai selesai semuanya. Jangan buru-buru, jangan buru-buru menyimpulkan, kita hormati proses, kita hormati proses di KPU,” imbau Anies.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.