Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

MPR Minta KPU Beri Santunan ke Petugas KPPS yang Meninggal

Kamis, 15 Februari 2024 22:09 WIB
Ketua KPU Makassar Hambalii (kanan) melayat di rumah duka anggota KPPS 007 Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, di Kompleks Taman Makassar Indah, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (15/2). (Foto: ANTARA).
Ketua KPU Makassar Hambalii (kanan) melayat di rumah duka anggota KPPS 007 Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, di Kompleks Taman Makassar Indah, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (15/2). (Foto: ANTARA).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah dan pihak penyelenggara Pemilu untuk memberikan kompensasi atau santunan yang layak kepada keluarga petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia sebagai bentuk pertanggungjawaban. Sejumlah petugas KPPS di berbagai daerah dilaporkan meninggal dunia, yang diduga akibat kelelahan saat menjalankan tugas pada saat pelaksanaan Pemilu 2024, Rabu (14/2).

"Saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas gugurnya sejumlah petugas KPPS saat bertugas mengawal Pemilu," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet ini, seperti dikutip Antara, Kamis (15/2).

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Jamin Layanan Energi Jelang Pemilu 2024

Ke depan, Bamsoet meminta pemerintah dan penyelenggara Pemilu untuk melakukan upaya antisipasi agar tingkat kematian tak meningkat sesudah hari penyelenggaraan Pemilu. Salah satunya dengan tetap menyiapkan posko kesehatan berisikan tim medis siaga Pemilu.

Dengan begitu, kata Bamsoet, diharapkan apabila ada petugas KPPS yang mengalami kelelahan atau mengalami gangguan kesehatan pasca bertugas dapat segera ditangani tim medis sedini dan seoptimal mungkin.

Baca juga : NasDem Tagih Janji Heru Bantu Pedagang TPU Menteng Pulo

Dia turut meminta pemerintah bersama pihak penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU, agar dapat membuka posko aduan bagi keluarga petugas penyelenggara Pemilu 2024 dan aparat perlindungan masyarakat (Linmas) yang belum memperoleh haknya seperti upah ataupun jaminan kesehatan.

"Posko aduan tersebut termasuk juga ditujukan bagi anggota keluarga petugas yang meninggal dunia namun belum mendapat kompensasi," tuturnya.

Baca juga : TPN Kumpulkan Relawan Penjaga TPS Ganjar-Mahfud Di Kuningan

Bamsoet berharap, pemerintah bisa memberikan apresiasi terhadap kinerja para petugas KPPS yang diketahui melaksanakan tugasnya hingga malam hari. Salah satunya dengan mempercepat pencairan honor yang layak bagi petugas KPPS serta petugas lainnya yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Pemilu.

Dia memandang, para petugas penyelenggara Pemilu berhak memperoleh apa yang menjadi haknya karena beban kerja yang berat tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.