Dark/Light Mode

Raup 147 Ribu Suara

Meutya Hafid Satu-satunya Caleg Perempuan Terpilih di Dapil Sumut 1

Jumat, 8 Maret 2024 10:02 WIB
Raup 147 Ribu Suara Meutya Hafid Satu-satunya Caleg Perempuan Terpilih di Dapil Sumut 1

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon legislatif (caleg) Partai Golkar dari daerah pemilihan Sumatera Utara 1 (Sumut 1), Meutya Hafid dipastikan kembali terpilih menjadi anggota DPR periode 2024-2029.

Kepastian Meutya Hafid yang juga Ketua Komisi 1 DPR itu melenggang ke Senayan setelah ia meraih suara sah sebanyak 147.004 dari dapil Sumut 1 yang meliputi Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi dari hasil rekapitulasi penghitungan suara sesuai data DA1 hasil pleno PPK di seluruh kecamatan dapil Sumut 1.

Seperti diketahui, dapil Sumut 1 dianggap sebagai salah satu dapil keras, pasalnya banyak tokoh nasional ikut bertarung disana untuk memperebutkan 10 kursi DPR RI.

Sejauh ini dari data real count KPU, Partai Golkar berada di urutan kedua sekaligus mengamankan 2 kursi DPR RI di dapil Sumut 1, yakni Meutya Hafid dan mantan Wagub Provinsi Sumut Musa Rajekshah.

Baca juga : Gibran Pede, Akui Satu-satunya Kandidat Cawapres yang Pernah Ikut Debat KPU

Peringkat pertama didapat PDIP yang meraih 2 kursi untuk Sofyan Tan (incumbent-red) dan Menkumham Yassona Laoly.

Posisi ketiga diisi Partai Gerindra yang juga mendapatkan 2 kursi di dapil Sumut 1, M Husni (incumbent-red) dan Ade Jona Prasetyo sebagai pendatang baru.

Selanjutnya kursi DPR RI dari PKB di dapil Sumut 1 diraih oleh mantan Bupati Deli Serdang dua periode, Ashari Tambunan.

Prananda Surya Paloh dari Partai Nasdem juga lolos terpilih di dapil Sumut 1 bersama mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring serta pendatang baru dari Partai Demokrat Muhammad Lokot Nasution.

Baca juga : BPN Kabupaten Tangerang Satu-satunya Kantah Predikat WBK di Banten

Dari 10 caleg DPR RI yang berpeluang lolos ke Senayan sesuai real count KPU, Meutya Hafid merupakan satu-satunya perempuan yang terpilih di dapil Sumut 1.

Dengan demikian, periode 2024-2029 merupakan periode keempat bagi Meutya Hafid berada di kursi parlemen.

Adapun Meutya Hafid yang juga Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran itu menyatakan bahwa perolehan suaranya tersebut meningkat signifikan dari pileg lima tahun yang lalu.

Pada Pileg 2019, Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar itu mendapat 87 ribu suara.

Baca juga : PKS, Satu-satunya Parpol Penuhi Kuota Perempuan Caleg DPR

"Syukur Alhamdulillah, penghitungan suara sesuai data DA1 hasil pleno PPK di seluruh kecamatan dapil Sumut 1, saya memperoleh suara sebanyak 147.004. Ini sebuah kenaikan signifikan dari perolehan suara dari Pemilu 2019 yang lalu," ujar Meutya Hafid dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/3).

Meutya Hafid juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Provinsi Sumatera Utara khususnya yang berada di dapil Sumut 1 serta KPU, Bawaslu, TNI-Polri dan unsur relawan yang telah mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan baik.

"Inilah perjuangan dimana masyarakat masih mempercayai saya dan Partai Golkar. Semoga amanah ini bisa kita perjuangkan terus bagi rakyat di wilayah Sumatera Utara," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.