Dark/Light Mode

Ketua KPU Diduga Tidur di Sidang Sengketa Pilpres, Hingga Ditegur Ketua MK

Selasa, 2 April 2024 14:29 WIB
Ketua KPU Hasyim Asyari (kedua kanan) dalam sidang sengketa Pilpres 2024, di Gedung MK, Jakarta, Rabu (27/3). (Foto: Patra Rizki Syahpura/RM)
Ketua KPU Hasyim Asyari (kedua kanan) dalam sidang sengketa Pilpres 2024, di Gedung MK, Jakarta, Rabu (27/3). (Foto: Patra Rizki Syahpura/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua KPU Hasyim Asy’ari diduga tertidur ketika sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2024, di Gedung MK, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Momen ini terjadi ketika ahli yang dihadirkan kubu 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Didin S Damanhuri, menyampaikan paparan. Usai paparan Didin, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo mempersilakan KPU sebagai termohon untuk mengajukan pertanyaan.

Namun, dari pihak KPU tidak ada yang mengajukan pertanyaan. Hasyim terlihat dalam posisi menunduk. “Pak Hasyim tidur ya?" tanya Suhartoyo. Mendengar hal ini, Hasyim agak kaget dan langsung menengadahkan kepala. 

Baca juga : Saksi Sidang Sengketa Pilpres: 02 Minta Hadirkan Mega, 03 Minta Hadirkan Jokowi

Karena tidak ada pernyataan dari pihak KPU, Suhartoyo lantas memberikan kesempatan kepada pihak 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, untuk menanggapi pemohon.

Di momen lain, Suhartoyo sempat menegur Hasyim lantaran berbicara agak lambat. Awalnya, Hasyim merespons ahli dari Tim Hukum Ganjar-Mahfud, I Gusti Putu Artha, yang menilai KPU salah prosedur karena menerima pencalonan Gibran sebagai Cawapres.

Hasyim meminta I Gusti Putu Artha untuk membaca Putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023 mengenai persyaratan batas usia pencalonan presiden dan wakil presiden. "Saudara ahli, sekiranya Saudara membaca amar putusan MK nomor 90. Sekiranya Saudara ada, mungkin bisa dibaca," ujar Hasyim.

Baca juga : Diminta Jadi Saksi Sengketa Pilpres di MK, Sri Mulyani Geleng-geleng

Di momen ini, Suhartoyo lantas menegur Hasyim yang berbicara agak lambat. Dia meminta Hasyim semangat. "Semangat sedikit, Pak," ujar Suhartoyo.

"Saya pelan-pelan menghormati ahli, nanti kalau terlalu ini," elak Hasyim.

Suhartoyo meminta Hasyim tidak terlalu santai karena waktu persidangan terus berjalan. "Jangan terlalu santai. Waktu," tegas Suhartoyo, lagi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.