Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berpeluang Nyagub Jabar

Emil: Maju 2 Periode Jadi Mantap Bila Masuk Partai

Jumat, 10 Desember 2021 06:55 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil usai menghadiri Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (9/12/2021). (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil usai menghadiri Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (9/12/2021). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil kembali menegaskan, sedang mencari-cari partai yang cocok untuk mengarungi tahun politik 2024. Pasalnya, banyak keuntungan bisa didapat bila dia memutuskan masuk ke partai.

Kang Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil- punya peluang kembali maju sebagai calon Gubernur Jabar. Peluang makin besar, jika mantan Wali Kota Bandung dua periode itu menjadi salah satu kader partai. Berbeda bila dia maju dari jalur perseorangan atau pun menunggu pinangan partai.

Baca juga : Jelang Nataru, Ganjar Minta Warga Waspadai Varian Omicron

“Iya, sedang mencari-cari (parpol). Memang untuk kepentingan maju dua periode (gubernur) pun saya putuskan lebih mantap jika berpartai,” ujar Emil, di Gedung KPK, kemarin.

Keuntungan lain, lanjunya, setiap perumusan atau pelaksanaan kebijakan kepala daerah akan lebih mulus berjalan bila ada rekan satu partai di DRPD setempat. Hal yang sama, menurutnya berlaku untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. “Kalau ada yang meminang ke pemimpin nasional, ya akan lebih baik harus sudah berpartai,” tegasnya.

Baca juga : Jelang Nataru, Ganjar Minta Bupati Dan Wali Kota Waspada

Menurut Emil, kepastian terkait parpol apa yang akan menjadi pilihannya kemungkinan baru akan jelas pada pertengahan 2022. Dia memastikan, karier politiknya di 2024 tidak bisa ditebak secara matematika. Semuanya diserahkan kepada Tuhan.

Emil mengaku, komunikasi dengan sejumlah parpol saat ini baik. Misalnya, dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, lalu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Baca juga : Majukan Desa Di Jabar, Kang Emil Janji Tiap Tahun Beri Bantuan Dana Ke BPD

“Semuanya baik-baik. Kemarin Pak Zul ke Bandung, Pak Airlangga dulu dan semuanya dijaga hubungan baik. Dalam politik hubungan baik itu penting, ” tambahnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil sudah memberi sinyal akan berpartai, dengan menggambar berbagai warna dalam kunjungan ke Jogja Nasional Museum (JNM) Kota Yogyakarta, Rabu (1/12). Dia memberi coretan mulai dari warna hijau, kuning, biru, hingga merah. Hanya saja, Kang Emil enggan menyebut, di parpol mana akan berlabuh.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.