Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pilkada Kabupaten Bogor

Fadli Zon Jagokan Plt Bupati

Selasa, 24 Januari 2023 07:35 WIB
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Fadli Zon. (Foto: DPR)
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Fadli Zon. (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Teka-teki sosok yang akan dijagokan Partai Gerindra di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor 2024 terkuak. Mereka mengaku sudah mengantongi satu nama yang siap dijagokan untuk maju dalam kontestasi demokrasi di kabupaten terluas di Provinsi Jawa Barat (Jabar) itu.

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Fadli Zon mengaku akan merekomendasikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan, untuk menjadi Calon Bupati (Cabup) Bogor pada gelaran Pilkada 2024 mendatang.

“Saya tentu merekomendasi­kan yang sudah ada, Pak Iwan. Dia berpengalaman sebagai wakil bupati dan sekarang men­jadi Plt Bupati Bogor,” ujar Fadli kepada wartawan, kemarin.

Baca juga : Innalillahi, Ayahanda Kepala BIN Budi Gunawan Meninggal Dunia

Menurut dia, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, memiliki ka­pasitas dan sudah memahami seluruh seluk-beluk birokrasi di Kabupaten Bogor. Karenanya, sambung dia, Iwan sangat layak untuk kembali maju dan men­duduki kursi nomor satu di kabupaten tersebut.

“Pak Iwan sudah jadi Plt dan Insya Allah akan jadi bupati. Kapasitas dan pengalamannya dalam memimpin Kabupaten Bogor sudah teruji, serta layak untuk dilanjutkan,” tegas Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR ini.

Namun begitu, Fadli mengaku menyerahkan keputusan pen­calonan Iwan kepada DPP Partai Gerindra. Selain itu, sambung dia, pihaknya juga juga tengah fokus untuk menghadapi Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 21 Januari, Hadir Di Burger King West Sentul

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto menegaskan, seluruh kader yang ditunjuk oleh DPP Partai Gerindra, harus siap mengikuti kontestasi di Pilkada men­datang. Ia pun tak akan memper­soalkan sosok yang akan ditunjuk partai, bahkan siap bekerja untuk memenangkan tokoh tersebut.

“Prinsipnya, siapa pun yang diusung Partai Gerindra di Pilkada Kabupaten Bogor, pasti saya dukung. Rekomendasi tersebut, pasti sudah diperhi­tunkan peluangnya oleh partai. Jika Pak Iwan yang diusung saya dukung, kalau partai memerin­tahkan saya, saya akan berjuang secara maksimal,” tegas dia.

Diketahui, Pilkada Kabupaten Bogor akan digelar pada November 2024 nanti. Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bogor Peride 2013-2018, akan berakhir pada akhir Desember tahun ini. Pilkada Kabupaten Bogor diyakini bakal berlangsung menarik, karena tanpa kehadiran petahana sekaligus jagoan dari PPP, Ade Yasin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.