Dark/Light Mode

Tak Ada Bakal Calon Petahana

Pilkada Gowa Bakal Sengit Dan Seimbang

Selasa, 28 Maret 2023 07:35 WIB
Founder MeanPoll Research, Nurmal Idrus. (Foto: Istimewa)
Founder MeanPoll Research, Nurmal Idrus. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gowa 2024, diprediksi bakal sengit. Selain tidak adanya kepala daerah petahana, sejumlah tokoh daerah hingga nasional telah mengambil ancang-ancang mengikuti kontestasi demokrasi lima tahunan itu.

Founder MeanPoll Research, Nurmal Idrus mengatakan, tidak adanya petahana Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan akan membuat perebutan kursi Bupati dan Wakil Bupati Gowa Periode 2024-2029 semakin seru. Sebab, polarisasi dukungan pemilih di Kabupaten Gowa akan menye­bar ke banyak figur.

Pilkada 2024 nanti, tidak ada figur dominan seperti Bu­pati Gowa dua periode, Adnan Purichta Ichsan. Kondisi ini membuka peluang bagi siapa saja yang ingin berkontestasi, dan merebut kemenangan dalam kontestasi demokrasi lima tahu­nan di Kabupaten Gowa,” ujar Nurmal di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), kemarin.

Baca juga : Lewat Bazar Ramadhan, Sahabat Ganjar Jalin Tali Silaturahmi Dengan Warga Gowa Dan Santri Subang

Diketahui, sejumlah tokoh dik­abarkan, dan mulai mensosialisa­sikan diri untuk maju di Pilkada Kabupaten Gowa 2024. Di antaranya, Wakil Ketua Umum DPP PPP yang juga anggota Fraksi PPP di DPR, Amir Uskara; Sekretaris Partai Gerindra Provin­si Sulsel, Darmawangsyah Muin; serta Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gowa yang juga politisi PAN, Husniah Talenrang.

Melanjutkan keterangannya, Nurmal mengatakan, pihaknya belum bisa memprediksi peta dukungan dan kekuatan dari masing-masing figur yang sudah bermunculan dan menyodorkan diri untuk maju di Pilkada men­datang.

Bahkan, sambung dia, Wakil Bupati petahana, Abdul Rauf Mallaganni alias Karaeng Kio, juga belum memiliki kekuatan yang jelas, meski sukses menang mutlak saat mendampingi Adnan Purichta Ichsan di Pilkada Ka­bupaten Gowa Tahun 2020 lalu.

Baca juga : Nggak Bakal Laporin Balik Ketua IPW, Wamenkumham: Kalau Berperang, Cari Lawan Yang Seimbang

“Posisi dan kemenangan Ad­nan di Pilkada sebelumnya san­gat dominan, sehingga peluang Karaeng Kio untuk memenangkan Pilkada 2024 tidak terlihat jelas. Karaeng Kio terus berada di bawah bayang-bayang Adnan,” jelas dia.

Namun begitu, mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar ini menilai, posisi Karaeng Kio sebagai Wakil Bupati Gowa mempunyai banyak keuntungan. Menurut dia, Karaeng Kio bisa terus membangun kepercayaan ma­syarakat, dan bisa melanjutkan semua pekerjaan Adnan.

“Hal itu bisa menjadi modal untuk memenangkan Pilkada Kabupaten Gowa Tahun 2024. Karenanya, ia harus dapat me­manfaatkan posisinya saat ini, dan melepaskan diri dari bayang-bayang Adnan, agar bisa bergerak kencang,” tandasnya. ■

Baca juga : Bamsoet Dukung Wacana Pemisahan Dirjen Pajak dengan Kemenkeu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.