Dark/Light Mode

Masuk Bursa Cagub Gorontalo

Amali Dan Gobel Bisa Bikin Bakal Calon Lain Minder

Kamis, 30 Maret 2023 07:35 WIB
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel dan Wakil Ketua PSSI Zainudin Amali. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel dan Wakil Ketua PSSI Zainudin Amali. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel dan Wakil Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Zainudin Amali masuk bursa Calon Gubernur (Cagub) Gorontalo. Dua putra terbaik Gorontalo itu diyakini akan membuat kontestasi semakin meriah.

Pengamat politik asal Gorontalo Hendra Yasin mengatakan, masuknya Rachmad Gobel dan Zainudin Amali dalam bursa Cagub Gorontalo di Pilkada 2024, akan menguntungkan masyarakat. Sebab, kehadiran Gobel dan Amali akan melahir­kan banyak konsep pembangu­nan untuk daerah itu.

“Semakin banyak calon akan semakin banyak program yang ditawarkan para kandi­dat. Terlebih, jika kedua tokoh nasional dari Gorontalo (Gobel dam Amali) ikut turun ke gelang­gang,” ujar Hendra melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Kedua tokoh nasional asal Gorontalo itu, lanjut dia, sudahban­yak mengenyam asam garam. Bukan politisi ‘kaleng-kaleng’.

Baca juga : Motor Listrik Diskon 7 Juta Bakal Direalisasikan Maret

Rachmat Gobel dan Zainudin Amali, sama-sama pernah menduduki kursi menteri, atau memiliki kualitas yang sudah terbukti hingga di tingkat pemerintahan pusat.

Diketahui, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel pernah menjabat Menteri Perdagangan dan poli­tisi Partai Nasional Demokrat (NasDem). Sementara, Zainudin Amali penah duduk di kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), dan kini dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

“Karenanya, pertarungan Gobel dan Amali akan jadi hal positif bagi Gorontalo. Mereka akan membuat pilkada menjadi pertarungan gagasan yang me­narik dan meningkatkan kualitas demokrasi di provinsi tersebut,” jelas Hendra.

Lebih lanjut, Direktur Curva Survei Indonesia (CSI) menye­but, kedua tokoh nasional asal Gorontalo itu sudah popular se­jak lama. Karenanya, Gobel dan Amali tak akan memiliki banyak kendala jika ingin mendapat angka elektabilitas yang tinggi di Pilkada Provinsi Gorontalo.

Baca juga : Program Tambak Dan Pertanian Dan Gardu Ganjar Bikin Warga Lebih Mandiri

Dilihat dari rekam jejak, lanjut dia, Amali pernah menjabat ang­gota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari daerah pemilihan (dapil) Gorontalo pada Tahun 2004.

Sementara Rachmat Gobel, menjadi anggota DPR dari dapil Gorontalo dengan perolehan suara terbanyak pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

“Jika turun ke gelanggang, tokoh-tokoh lain akan kesulitan menandingi mereka. Mereka pu­nya nama baik, dikenal masyarakat, pernah menjabat menteri, sehingga bisa membuat tokoh lain jadi minder maju di Pilkada Gorontalo,” tegas dia.

Kelebihan lainnya, sambungdia, Amali dan Gobel bisa mempercepat pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gorontalo.

Baca juga : Diadu Dengan Risma, Gibran Pilih Merendah

“Mereka bisa mendatangkan para investor, dan menawarkan kerja sama yang dapat mem­percepat kemajuan Gorontalo. Kehadiran investor akan mem­percepat pembangunan, me­nambah lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.