Dark/Light Mode

Jika Diusung Koalisi Besar

Kaesang Bisa Hancurkan Dominasi PKS Di Depok

Minggu, 11 Juni 2023 07:45 WIB
Kaesang Pangarep dan Giring Ganesha. (Foto: Ist)
Kaesang Pangarep dan Giring Ganesha. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Majunya Kaesang Pangarep untuk kursi Depok 1, bisa menjadi ancaman bagi PKS. Meski sudah 20 tahun berkuasa, kedigdayaan partai berlambang Bulan Sabit Kembar itu bisa runtuh.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Hidayat mengatakan, kemenangan PKS dalam setiap gelaran Pilkada Kota Depok didasarkan oleh militansi para kader. Namun begitu, kedigdayaan PKS di Kota Depok bisa hancur, bila peta koalisi ber­pihak pada kepada Kaesang.

“Jika partai-partai di luar PKS digabung, mereka bisa melebihi suara PKS. Jadi, ada potensi bagi Kaesang memenangkan Pilkada 2024. Bisa saja (Depok) ada perubahan,” ujar Cecep saat dihubungi wartawan, kemarin.

Menurut dia, jika putra Presiden Jokowi itu ingin meyakinkan masyarakat Depok tentang perubahan ke arah yang lebih baik, dia membutuhkan dukunganyang lebih besar. Kesang membutuhkan kendaraan politik yang sudah makan asam garam di Pilkada Kota Depok, untuk melawan PKS.

Baca juga : Transformasi Telkom Dipatok Makin Mulus

“Karenanya, dia membutuhkan dukungan partai-partai lain di luar PSI. Kaesang butuh dukungan partai-partai kawakan dan berpengalaman, seperti PDIPerjuangan,” cetus dia.

Cecep menambahkan, dukungan dari sejumlah partai terhadap Kaesang, seperti PDIPerjuangan dan Partai Gerindra, masih sangat memungkinkan.

“Terlebih, aturan internal PDIPerjuangan mengharuskan ang­gota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK) tidak boleh beda partai,” katanya.

Terpisah, Direktur Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago me­minta Kaesang melakukan tes ombakatau melihat respons masyarakat, sebelum maju di Pilkada Kota Depok. Selain itu, lanjut dia, Kaesang juga harus memiliki wahana politik, untuk menggaet suara rakyat di pesta demokrasi mendatang.

Baca juga : Dibantu Kepolisian, KCIC Bongkar Pencurian Komponen Kereta Cepat

“Untuk mengalahkan domi­nasi PKS, dia butuh dukungan banyak partai besar. Sebab, kader-kader PKS di Depok terkenal solid dan militan,” ujar Pangi.

Sementara, Bendahara Umum Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Depok Ade Supriyatna meyakini, kader mereka, Imam Budi Hartono, masih menjadi to­koh dengan popularitas tertinggidi Kota Depok. Namun, pihaknya belum fokus terhadap kontestasi Pilkada 2024.

“Popularitas Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, masih 70 persen. Tapi, soal survei elektabilitas masih harus dipastikan lagi,” ujar Ade.

Dia juga menyindir PSIyang menggebu mencalonkan Kaesang untuk jadi Wali Kota Depok. “PSIjuga kan belum tentu bisa nyalonin, mereka hanya cari tokoh buat kepentingan sendiri,” sindirnya.

Baca juga : DKI Bangun Embung Bisa Jadi Destinasi Berwisata

Diketahui, dalam sebuah videoyang diposting salah satu pengurus PSIKota Depok, Karmila Sari, Kaesang Pangarep menyatakan akan maju untuk memperebutkan kursi Depok 1.

“Saya Kaesang Pangarep. Saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya, Insya Allah saya siap hadir menjadi Depok pertama,” ujar Kaesang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.