Dark/Light Mode

Survei Parameter Politik Indonesia: Gibran-Dico Duet Ideal Pimpin Jateng

Jumat, 23 Juni 2023 21:42 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun 2024 tak hanya diramaikan gelaran pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg). Ada pula helatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang diselenggarakan sembilan bulan pasca Pilpres.

Dari sekian banyak Pilkada yang diadakan berbarengan, Pilkada Jawa Tengah menjadi satu yang paling menarik perhatian publik. Terlebih, pasca Ganjar Pranowo tak bisa lagi mencalonkan diri.

Pada rentang 2-11 Juni 2023 lalu, dengan 800 responden yang diwawancarai tatap muka, Parameter Politik Indonesia (PPI) melakukan survei opini publik.

Survei ini berfungsi untuk memotret preferensi masyarakat Provinsi Jawa Tengah.

"Khususnya terkait peta kekuatan figur bakal calon Gubernur maupun Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2024 mendatang," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, Kamis (22/6).

Baca juga : Indonesia Siap Tarung Di Kualifikasi Asia AirBadminton

Adi menyebut, dari segi popularitas pada 11 tokoh yang diuji, tingkat keterkenalan Gibran Rakabuming Raka tertinggi dengan angka 77.0 persen.

Diikuti Taj Yasin Maimoen yang mampu menyabet angka 48,3 persen. Sementara, popularitas mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berada di angka 37,9 persen.

"Bupati Kendal, Dico Ganinduto bisa mendapat 30,3 persen, dan Achmad Husein berada di angka 24,6 persen," jelas Adi.

Lebih jauh, pada skenario elektabilitas wakil gubernur, nama Taj Yasin Maimoen masih mendapat dukungan tertinggi dengan 9,6 persen, disusul Dico Ganinduto 7,1 persen dan Achmad Husein 6,7 persen.

Selain itu, Taj Yasin Maimoen saat ini telah mengundurkan diri dari posisinya sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Baca juga : Babak Pertama Indonesia Vs Argentina: Gawang Indonesia Jebol Lewat Sepakan Jauh

Hal ini dia lakukan untuk ikut dalam Pileg DPR-RI. Ketika Taj Yasin Maimoen tidak maju lagi dalam kontestasi Pilgub Jawa Tengah, maka nama Dico Ganinduto menjadi yang paling banyak diharapkan publik.

"Baik mendampingi Gibran maupun Hendrar Prihadi dalam Pilkada Jateng," ungkap Adi.

Kesimpulannya, untuk nama calon Gubernur Jawa Tengah dengan elektabilitas paling tinggi adalah Gibran Rakabuming Raka.

Sementara untuk posisi calon wakil Gubernur paling potensial, baik untuk Gibran maupun untuk Hendrar Prihadi adalah Dico Ganinduto.

"Duet Gibran-Dico barang bagus untuk pilkada Jawa tengah 2024 mendatang," kata Adi.

Baca juga : Kajol Indonesia Gelar Bazar Murah Di Bandung Timur

“Duet Gibran-Dico sangat ideal. Keduanya gabungan tokoh muda populer. Ini barang bagus, kalau diseriusi cocok untuk duet Jateng mendatang,” sambungnya.

Terbukti, duet Gibran dengan Dico jauh lebih unggul dibandingkan Gibran berduet dengan yang lainnya.

Gibran-Dico mendapat 57,9 persen, Dico-Taj Yasin 53,9 persen, dan Dico-Hendrar Prihadi 55 persen.

Bahkan dalam simulasi survei PPI ini, jika Gibran ditarik ikut pilkada DKI Jakarta, dan PDIP usung Hendrar Prihadi jadi cagub, pasangan yang pas untuk mendampingi Hendrar adalah Dico.

"Untuk cawagub Jateng, Dico paling menjulang, tak ada lawan tanding. Dengan catatan Gus Yasin tak maju," tandas Adi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.