Dark/Light Mode

Menteri Inggris Ke Indonesia, Genjot Kerja Sama Supply Chain Bahan Mineral

Minggu, 21 Mei 2023 18:12 WIB
Menteri Inggris Ke Indonesia, Genjot Kerja Sama Supply Chain Bahan Mineral

RM.id  Rakyat Merdeka - Inggris ingin memperkuat kerja sama di bidang bahan mineral kritis dan transisi energi, membangun komitmen yang selaras dengan Peta Jalan Kerja Sama (Partnership Roadmap) Inggris-Indonesia 2022-2024.

Untuk itu, Menteri Industri dan Keamanan Ekonomi di Departemen Bisnis dan Perdagangan Inggris, Nusrat Ghani akan berkunjung ke Indonesia, 22-24 Mei 2023. Menurut Ghani, dia sangat menantikan pertemuan dengan pebisnis serta para pemangku kepentingan di Indonesia.

"Saya sangat antusias sekali bertemu dengan mitra kami di Indonesia, membahas peluang investasi dua arah dan mempromosikan perusahaan-perusahaan Inggris," katanya 

Menteri Ghani akan bertemu dengan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia untuk menindaklanjuti ambisi yang tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) Kerja Sama Investasi yang diteken pada Oktober tahun lalu.

Kedua negara, katanya sepakat untuk meningkatkan investasi dua arah di bidang bahan mineral, ilmu hayati dan transisi energi. Inggris menerbitkan Strategi Bahan Mineral Kritis yang diperbarui (Critical Minerals Strategy Refresh) pada Maret 2023.

Kolaborasi Penyediaan Bahan Mineral

Baca juga : Pengalaman Suksesi Nabi

Dokumen ini menggarisbawahi niat Inggris untuk mempercepat kolaborasi dalam rantai persediaan (supply chain) dengan mitra-mitra internasional.

“Bahan mineral kritis sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Memperkuat kemitraan dengan Indonesia di bidang ini adalah prioritas saya," terangnya.

Menteri Ghani juga akan berkunjung ke tambang dan smelter milik PT Vale di Soroako, Sulawesi Selatan, yang menggunakan energi bersih dari tiga pembangkit listrik tenaga air. Produk nikel matte dari PT Vale adalah bahan utama untuk Clydach Refinery di Wales, Inggris.

Sedangkan dalam pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Ghani akan membahas penguatan kerja sama industri di bidang perkeretaapian dan maritim.

Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari Letter of Intent tentang pengembangan perkeretaapian yang ditandatangani November 2022, serta MoU perkapalan dan pembangunan kapal komersial berkelanjutan yang ditandatangani di Januari 2023 untuk memfasilitasi kerja sama yang lebih erat di bidang transportasi laut.

Baca juga : Situasi Setelah Nabi Wafat

Apa lagi, UK Export Finance (UKEF), agensi kredit ekspor Inggris, bekerja sama dengan Indonesia untuk mendukung proyek-proyek di bidang tersebut.

Kerja Sama Transisi Energi Dan Maritim

Menteri Ghani juga dijadwalkan bertemu dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, untuk meningkatkan kemitraan di bidang energi terbarukan, dalam rangka mendukung ambisi Net Zero Indonesia.

Dengan Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, ia akan untuk membahas kolaborasi industri pertahanan dan pengembangan mineral.

Sedangkan dengan Wakil Menteri Perdagangan Dr. Jerry Sambuaga, dia mendiskusikan perdagangan yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi kedua negara.

Kunjungan kali ini merupakan kelanjutan dari peningkatan kerjasama Inggris-Indonesia di bidang maritim, dengan ditunjuknya perusahaan Inggris SRT Marine Systems sebagai mitra Indonesia dalam melahirkan sistem keamanan maritim nasional yang baru.

Baca juga : Antara Otoritas Agama dan Otoritas Politik

Meningkatnya kemitraan Inggris dan Indonesia didukung pembentukan Komite Ekonomi dan Perdagangan Bersama Inggris-Indonesia (UK-Indonesia Joint Economic and Trade Committee) pada Februari 2022.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins menambahkan, pertemuan-pertemuan yang akan dilakukan Menteri Ghani di Indonesia akan membuka jalan untuk berbagai inisiatif baru dalam memaksimalkan investasi dua arah antara Inggris dan Indonesia, sesuai dengan komitmen yang kita buat bersama dalam Partnership Road Map Inggris-Indonesia.

"Inggris juga memiliki keinginan yang kuat untuk mendukung rencana transisi energi Indonesia, dan pertemuan-pertemuan selama kunjungan Menteri Ghani akan semakin mempercepat kerja sama di bidang ini," pungkasnya.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.