Dark/Light Mode

Wali Kota Bogor Cari Pj Bebas Kepentingan

Selasa, 8 Agustus 2023 07:45 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya berbincang dengan siswa saat sosialisasi masalah pungli di SMPN 8 Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (7/8/2023). (Foto: Antara)
Wali Kota Bogor Bima Arya berbincang dengan siswa saat sosialisasi masalah pungli di SMPN 8 Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (7/8/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Bogor, Bima Arya mengaku punya kriteria khusus soal sosok Penjabat (Pj) Wali Kota penggantinya Desember nanti. Tak berpihak pada kepentingan tertentu.

“Sosok Pj harus berdiri di atas semua kepentingan. Dia harus mampu membangun suasana sejuk di Kota Bogor,” kata Bima di Bo­gor, Jawa Barat (Jabar), kemarin.

Diakuinya, pengusulan nama Pj Wali Kota bukan kewenan­gannya. Namun, pihaknya siap diajak berkomunikasi, bila De­wan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Bogor membutuhkan.

Baca juga : Ini 7 Inovasi Pj Bupati Muba Entaskan Kemiskinan

“Saya siap bicara dengan teman-teman di DPRD. Tapi, teman-teman DPRD pastinya punya pandangan, dan itu harus saya hormati,” ucapnya.

Bima menegaskan, dirinya tidak akan melakukan intervensi dalam perumusan nama-nama calon Pj Wali Kota Bogor. Dia meyakini, DPRD pasti meng­inginkan Pj terbaik, karena dia akan bekerja hingga adanya ke­pala daerah definitif hasil Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Secara terpisah, Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto me­ngatakan, pihaknya telah meru­muskan sejumlah kriteria Pj Wali Kota Bogor. Pertama, lanjut dia, Pj Wali Kota Bogor harus memiliki pengalaman di pemerintahan. Se­bab, dia harus memiliki kemam­puan untuk bekerja dan meng­harmonisasi gerak semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 3 Agustus, Hadir Di Polsek Ciampea

“Mengingat penjabat ini nanti­nya akan memimpin Kota Bogor selama masa transisi hingga terpilih wali kota hasil Pilkada, maka diperlukan sosok yang me­miliki pengalaman yang tinggi di dunia pemerintahan,” ujarnya.

Kedua, lanjut Atang, Pj Wali Kota Bogor harus memiliki banyak jaringan dan hubungan yang baik dengan pemerintah pusat maupun provinsi. Tu­juannya, untuk mempermudah proses pengambilan keputusan maupun akses program.

Ketiga, tambah dia, Pj harus dapat merajut kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak di Kota Bogor. Di antaranya, mampu berkoordinasi dan komunikasi dengan baik bersama TNI, Polri, Kejaksaan, PN, DPRD dan tokoh masyarakat.

Baca juga : Sore Ini, Singo Edan Berburu Kemenangan Perdana

“Keempat, sosok calon Pj Wali Kota Bogor harus memiliki kepribadian dan rekam jejak yang baik,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 8/8/2023 dengan judul Wali Kota Bogor Cari Pj Bebas Kepentingan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.