Dark/Light Mode

Demokrat dan Hanura Siap Nyalonin Petahana Karimun

Selasa, 7 Juli 2020 09:22 WIB
Bendera Partai Hanura dan Partai Demokrat (Foto: Istimewa)
Bendera Partai Hanura dan Partai Demokrat (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat dan Partai Hanura memberi sinyal akan tetap mengusung pasangan Bupati dan Wakil Bupati Petahana Karimun, Aunur Rafiq-Anwar Hasyim di pilkada setempat.

Ketua DPC Partai Demokrat  Kabupaten Karimun Iwan Kusuma mengatakan, alasan partainya bakal memberi amanah kepada pasangan petahana itu karena selama ini keduanya intens menjalin komunikasi dengan partainya. “Sampai saat ini Demokrat  belum menemukan bakal calon  lain selain petahana,” ujarnya, kemarin.

Iwan memastikan nama Aunur Rafiq-Anwar Hasyim sudah sampai di DPP. Nama Keduanya muncul berdasarkan rapat pleno di DPC. Hasil dari rapat pleno tersebut kemudian disampaikan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan dilanjutkan ke DPP Partai Demokrat. “Alhamdulilkah (nama) keduanya telah sampai ke DPP,” ujarnya.

Baca juga : Ferry Jalan Kaki 5 Km Sehari

Saat ini, Iwan mengaku pihaknya tinggal menunggu rekomendasi dari DPP untuk bakal calon kepala daerah Kabupaten Karimun yang akan diusung.  Kemudian, Demokrat juga akan membuat koalisi dengan partai-partai yang ada.

Senada, Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Karimun, Ady Hermawan juga mengusulkan pasangan petahana karimun ke DPP. “Kami sudah menentukan pilihan, satu nama pasangan bahkan  sudah kami kirimkan ke DPP, tinggal menunggu dari DPP lagi. Masih yang sebelumnya, Pak Rafiq dan Pak Anwar Hasyim,”  ujarnya.

Ady mengungkapkan, Aunur Rafiq bahkan telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebanyak  dua kali di Kantor DPP Hanura di Jakarta. Dirinya sendiri yang  membawa petahana ke DPP.

Baca juga : Pengamat: Jangan Ragukan Komitmen Pertamina Bangun Kilang

“Saya sudah bawa juga beliau (Rafiq) ke DPP untuk uji kepatutan dan kelayakan. DPP bertanya  perkembangan visi dan misi bupati yang telah dilakukan. DPP Alhamdulillah setuju dan sudah  bulat,” ujarnya.

Terpisah, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) H Ing Iskandarsyah siap menang dan siap kalah bila diberi amanah oleh partainya maju di Pilkada Karimun. “Saya siap mundur, siap kalah dan menang dalam kompetisi ini,” ujarnya.

Iskandarsyah mengaku motivasinya maju sebagai balon Bupati Karimun berasal dari adanya dukungan masyarakat. “Saya ikut karena ada permintaan dari masyarakat agar membawa perubahan yang lebih baik lagi bagi Karimun,” ujarnya.

Baca juga : Liverpool Juara, Mo Salah Nyawer ke Kampung

Ditegaskan Iskandarsyah, tekadnya maju sebagai pemimpin  bukanlah untuk mencari materi, akan tetapi ingin memajukan Bumi Berazam. Oleh karena itu, dia siap berkompetisi dengan calon-calon lainnya, termasuk petahana Bupati Karimun Aunur Rafiq yang juga kembali maju di periode keduanya.

Diketahui, di Provinsi Kepulauan Riau akan digelar tujuh pilkada yaitu Pilgub Kepri, Pilwakot Batam, Pilbup Karimun, Pilbup Lingga, Pilbup Natuna, Pilbup  Anambas dan Pilbup Bintan. Pilkada 2020 sedianya akan digelar pada 23 September 2020. Namun, karena terjadi pandemi Covid-19, diundur 9 Desember  2020. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.