Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Peringatan Hari Keluarga Nasional

Wali Kota Bandung Berbagi Tips Membangun Ketahanan Pangan

Selasa, 30 Juni 2020 10:28 WIB
Wali Kota Bandung Oded M. Danial bersama Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan
Wali Kota Bandung Oded M. Danial bersama Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial punya tips khusus dalam membangun ketahanan keluarga. Tips ini disampaikan Wali Kota Bandung saat memperingati Hari Keluarga Nasional XXVII Tingkat Kota Bandung, Senin, (29/6/2020).

Menurut Wali Kota Bandung keluarga merupakan elemen penting di dalam masyarakat. Keluarga juga menjadi obyek dan subyek yang menentukan arah bangsa ini, sehingga ketahanan keluarga begitu penting.

Menurutnya, ada empat pendekatan untuk membangun ketahanan keluarga. Keempatnya yaitu, keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya, serta keluarga berbagi dan peduli.

Baca juga : Sandi Ajak Pengusaha Tetap Survive Di Tengah Pandemi

"Untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan, dibutuhkan empat pendekatan utama yakni keluarga berkumpul, yaitu setiap anggota keluarga meluangkan waktu untuk berkumpul bersama," tutur Oded saat memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII Tingkat Kota Bandung di Puskesmas Cijagra Lama, Jalan Buahbatu, Senin, (29/6/2020).

Kedua, lanjut Oded, keluarga berinterkasi yakni semua anggota keluarga saling bencengkrama serta bertukar pengalaman dengan komunikasi yang berkualitas. "Ini bisa menginspirasi untuk meningkatkan kualitas keluarga," katanya.

Ketiga, yaitu keluarga berdaya, dimana setiap keluarga memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk membuat diri dan keluarga mandiri. 

Baca juga : AP I Pastikan Wisatawan Aman Bepergian Dengan Pesawat

Sedangkan keempat, berbagi dan peduli, yaitu keluarga yang mampu atau lebih beruntung secara ekonomibisa berbagi dan menolong orang lain.

“Peringatan Harganas ini harus mampu meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

Ia pun megapresiasi atas kinerja dinas yang meningkatkan akseptor Keluarga Berencana (KB). Dari target Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung sebanyak 18.000 akseptor, sudah melampaui target sekitar 20.000 akseptor.

Baca juga : Inspiratif, Petani Milenial Badung Kembangkan Edamame Organik

“Dengan capaian ini secara masif bisa membantu program pemerintah pusat dalam menghadirkan keluarga berencana,” ujarnya.

Oded pun terus mendorong instansi terkait untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Dengan 80 puskesmas yang hadir di Kota Bandung, ia berharap warganya menjadi keluarga yang sehat sejahtera. [D.R]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.