Dark/Light Mode

Pilkada Nias

Eks Pangdam Diusung Nasdem Dan Perindo

Minggu, 30 Agustus 2020 05:46 WIB
Cabup Nias, Mantan Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI (Purn) Christian Zebua
Cabup Nias, Mantan Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI (Purn) Christian Zebua

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI (Purn) Christian Zebua girang. Usahanya mengikuti Pilkada Kabupaten Nias mulai berbuah manis. Partai mulai mendukungnya. Setelah Nasdem, kini giliran Perindo. 

Partai Perindo resmi mendukung pasangan Mayjen Christian yang berpasangan dengan AKBP (Purn), Anofuli Lase pada Pilbup Nias 2020. Surat rekomendasi dukungan diserahkan Sekjen Perindo, Ahmad Rofiq. 

Perindo, menurut Rofiq, turut bangga karena diajak bergabung dalam koalisi Christian-Lase. Dia berharap, pengurus Perindo Nias berkonsolidasi untuk memenangkan Christian-Lase. 

“Yang pasti keputusan final. Apa yang sudah diputuskan Perindo akan dilakukan maksimal. Perindo akan berjuang secara bersama-sama,” katanya, kemarin. 

Baca juga : Ketua KPK: Penyidikan Kasus Yang Ditangani Novel Baswedan Tetap Jalan

Rofiq mengatakan, dukungan diberikan Perindo bukan hanya di atas kertas melainkan memberikan yang terbaik kepada masyarakat Nias. 

“Kita dipertemukan di sini karena adanya satu gagasaan, satu visi misi sama untuk perubahan di daerah,” papar Rofiq. 

Sementara Christian Zebua menganggap, dukungan diberikan Perindo merupakan tanggung jawab besar untuk ditunaikan. Dia meminta Perindo selalu mengingatkan dirinya dan Lase jika nantinya terpilih memimpin Nias. 

“Setiap saat, saya akan ber komunikasi dan Perindo setiap saat panggil saya seperti apa ke pemimpinan, karena saya percaya se mua ini partai rakyat,” ujarnya. 

Baca juga : Tingkatkan Minat Baca, Program Wisata Literasi Kota Tegal Dapat Pujian Kepala Perpusnas

Christian menuturkan, jika dipercaya memimpin Nias, dirinya akan melakukan penanganan dan dampak pandemi Covid-19 yang sekarang dirasakan masyarakat Nias. Salah satunya, soal daya tahan masyarakat dalam menghadapi pandemi. 

“Yang pasti sekarang ada Covid-19 dampaknya luar biasa bagaimana bupati menjamin masyarakat tidak kelaparan. Di Nias pertama kali yang akan kita lakukan adalah ketahanan pangan, turun ke lapangan bukan hanya di kantor,” tuturnya. 

Sejauh ini, pasangan Christian-Lase sudah didukung Perindo dan Nasdem. Partai besutan Surya Paloh lebih dulu memberikan rekomendasi tepatnya pada pada Juli lalu. 

Kandidat rival dari pasangan Christian-Lase adalah pasangan Enanoi Dohare-Yulius Lase. Pasangan ini maju dari jalur perseorangan. 

Baca juga : Pilkada Kota Makassar 2020, PKS Mantap Dukung None-Zunnun

Berdasarkan hasil verivikasi faktual (verfak), pasangan Enanoi-Yulius mendapatkan dukungan dari 11.008 pemilih. 

Sehingga, secara otomatis pasangan ini dapat mendaftara kan dirinya sebagai peserta Pilkada Nias. Ketua KPU Nias Firman Mendrofa mengatakan, di tahap verfak ini balon persorangan Pilkada Nias yang dinyatakan gugur hanya pasangan Faigiasa Bawamenewi-Damai Jaya. Pasalnya, pasangan ini hanya memperoleh 8.261 dukungan. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.