Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pilwalkot Surabaya

Machfud-Mujiaman Janji Gratiskan Sertifikasi Guru TK

Jumat, 9 Oktober 2020 03:07 WIB
Guru sebuah Taman Kanak-kanak (TK) sedang mendampingi anak-anak belajar. [Foto ilustrasi: POMG Nurul Azizi 14/guru.or.id]
Guru sebuah Taman Kanak-kanak (TK) sedang mendampingi anak-anak belajar. [Foto ilustrasi: POMG Nurul Azizi 14/guru.or.id]

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan calon (Paslon) Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno, terus menebar janji demi memenangkan pertarungan Pilkada 2020. Salah satunya, janji mengratiskan sertifikasi guru Taman Kanak-kanak (TK).

Mujiaman menilai, ada persyaratan ketat yang susah dilalui, sehingga para guru TK tidak bisa melalui dan lebih memilih mengambil program sertifikasi. "Memfasilitasi mereka adalah tanggung jawab pemerintah. Banyak guru TK yang sudah ibu-ibu terkadang grogi. Kita harus memberikan pendampingan kepadanya," katanya, kemarin.

Baca juga : RUU Cipta Kerja Jamin Kepastian Sertifikasi Halal

Selain itu, pihaknya juga ingin, agar setiap gedung TK memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal ini demi membantu dari sisi legalitasnya. "Berikan IMB kepada mereka yang sudah mau membangun TK. Yang sudah mau menyehatkan jiwanya anak-anak, mengasuh ketika ibu bekerja, adalah pejuang riil tanpa tanda jasa," ujarnya.

Di saat yang sama, mantan Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (Dirut PDAM) Surya Sembada, Surabaya ini juga mengaku miris, mendengar banyaknya TK tak miliki fasilitas komputer. Untuk itu dia berjanji, akan menganggarkan secara khusus fasilitas komputer jika pasangan Machfud-Mujiaman terpilih.

Baca juga : Pilar Saga Mau Tingkatkan Mutu Pendidikan di Tangsel

"Di Kota Surabaya ada sekitar 3.000 TK. Jika satu TK diberi minimal satu komputer, butuh sekitar Rp 3 miliar. Ini harus dicarikan. Apapun caranya," tegasnya.

Diketahui, Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Eri Cahyadi-Armuji. Paslon nomor urut 1 ini diusung PDI Perjuangan dan PSI. Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari 6 partai non parlemen. Yakni PBB, Hanura, Berkarya, PKPI, dan Garuda.

Baca juga : Pilwalkot Surabaya, 8 Parpol Dukung Eks Kapolda Jatim

Sedangkan, paslon nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman diusung koalisi delapan parpol. Yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Nasdem. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.