Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pilkada Kota Makassar, IMUN Berterima Kasih Jika Programnya Ditiru Kandidat Lain

Senin, 2 November 2020 17:12 WIB
Irman Yasin Limpo bersama warga/Ist
Irman Yasin Limpo bersama warga/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Program BPJS Kesehatan Gratis dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kota yang digagas pasangan calon Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin NH (IMUN) di Pilkada Kota Makassar disebut-sebut ditiru oleh kandidat lain. Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus melihat potensi program IMUN dicontoh oleh kandidat lain bisa saja terjadi.

"Saya melihat potensi program IMUN dicontoh oleh kandidat lain memang besar, karena terlihat lebih realistis dan berbasis kebutuhan warga serta bisa di-cover oleh APBD," kata Nurmal, Senin (2/11).

Menurutnya, sepanjang belum diresmikan dalam sebuah program di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), tentu program sama dan mirip antarkandidat kepala daerah adalah sebuah keniscayaan.

Baca juga : Pilkada Kota Depok, Pradi Janji Kembangkan UMKM

Kendati begitu, dia berharap setiap kandidat melahirkan lebih banyak lagi program inovatif dan terobosan. 

"Kandidat harus lebih inovatif lagi. Apalagi, Pilkada Kota Makassar ini kan ajang pertarungan ide dan gagasan," ujar Nurmal.

Sementara, juru bicara IMUN, Muwaffiq mengatakan, apa yang menjadi program Irman-Zunnun realistis dan tidak muluk-muluk. 

Baca juga : Pastikan Masyarakat Terima Bansos, Mensos Juliari Kunjungi Natuna

“Terima kasih karena sudah meniru program kami," singkat aktivis HMI ini.

Diketahui, program prioritas Irman-Zunnun memang bersentuhan langsung dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini.

Program-program mereka juga terpampang di alat peraga kampanye yang terpasang di sejumlah ruas jalan. Antara lain, BPJS Kesehatan Gratis, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kota, Pelimpahan Kewenangan ke Tingkat RT, Dana Bantuan Hibah untuk RT, Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih dan Digitalisasi Persampahan.

Baca juga : Blusukan Ke Mayora, Menperin Ajak Industri Jaga Protokol Kesehatan

Belakangan, program-program itu disebut-sebut diduplikasi oleh kandidat lain. Pasangan Munafri Arifuddin-Rahman Bando misalnya, memprogramkan untuk menaikkan bantuan subsidi BPJS Kesehatan. 

Salah seorang warganet andijakaofficial berkomentar di akun Instagram Munafri Arifuddin @appi_mika saat mengupload konten mengenai program ini. "Kenapa tidak digratiskan saja seperti program paslon no 4," tulisnya.

Sementara, pasangan Syamsu Rizal dan Fadli Ananda juga meluncurkan program dengan nama yang persis sama, yakni BOS Kota. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.