Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Tips Mendapakan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Selasa, 21 November 2023 14:40 WIB
Ilustrasi sarjana penerima beasiswa. (Istimewa)
Ilustrasi sarjana penerima beasiswa. (Istimewa)

Banyak pelajar tingkat menengah atas yang tertarik untuk meraih beasiswa S1 di luar negeri, namun masih banyak yang belum mengerti secara mendalam langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya. Proses memperoleh beasiswa kuliah ke luar negeri memang menantang, karena melibatkan beberapa tahapan yang harus disiapkan dan dijalani. Melalui program beasiswa, manfaat yang diperoleh dapat berupa bantuan dalam biaya pendidikan sampai menyelesaikan studi. Beberapa program beasiswa juga menawarkan dukungan untuk biaya hidup dan penyediaan tempat tinggal. Berikut adalah rangkuman mengenai cara memperoleh beasiswa studi di luar negeri.

1. Memiliki Prestasi Akademik

Prestasi akademik merupakan capaian seseorang di lingkungan pendidikan. Dalam hal ini meliputi prestasi dalam pembelajaran, performa, dan pencapaian dalam berbagai aspek pendidikan. Pihak penyedia beasiswa mempertimbangkan faktor ini untuk menilai kelayakan Anda. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda dengan belajar secara tekun dan meraih prestasi akademik yang gemilang sebagai persiapan penting.

2. Belajar Bahasa Asing

Baca juga : Irish Bella, Bahagia Usai Gugat Cerai

Memperdalam pemahaman dalam bahasa asing dengan sungguh-sungguh, mempersiapkan diri untuk tes bahasa yang diperlukan, dan mengadaptasi aplikasi Anda sesuai dengan persyaratan dari pemberi beasiswa adalah langkah penting dalam mencapai tujuan memperoleh beasiswa kuliah di luar negeri melalui proses pembelajaran bahasa asing.

3. Riset Lembaga Penyedia Beasiswa 

Sebelum mulai mencari informasi, disarankan untuk mengetahui lembaga yang menjadi target terlebih dahulu. Setelah itu, telusuri secara mendalam tentang lembaga tersebut, termasuk rincian tentang fasilitas yang disediakan dalam beasiswa yang mereka tawarkan. Selain itu, jangan ragu untuk menghubungi lembaga donor beasiswa yang Anda incar. Telusuri media sosial mereka, kunjungi situs web resmi, dan ajukan pertanyaan jika masih ada yang membuat Anda ragu terkait proses seleksi beasiswa tersebut. Semakin lengkap informasi yang Anda peroleh tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri dari lembaga tersebut, semakin baik.

4. Persiapan yang Matang

Baca juga : Menpora Bukan Pekan Olahraga Mahasiswa Di Kalsel

Menurut informasi dari glints.com, untuk berhasil mendapatkan beasiswa S1 di luar negeri, penting bagi Anda memahami cara membuat CV dan surat motivasi. Kedua elemen tersebut dianggap sebagai bagian integral yang perlu disiapkan saat mengajukan beasiswa. Selain itu, mempelajari keterampilan dalam menulis esai yang luar biasa juga penting. Beberapa lembaga penyedia beasiswa meminta esai dari para calon penerima beasiswa dalam beberapa kasus.

5. Latihan Wawancara

Setelah lolos seleksi berkas, tahap selanjutnya adalah mengikuti wawancara. Untuk menjalani wawancara dengan lancar, latihan adalah kunci utama. Meskipun demikian, penting juga untuk tetap menjadi diri sendiri dan menghindari kepura-puraan. Berlatihlah dengan simulasi wawancara. Ajak teman atau mentor untuk berperan sebagai pewawancara.

6. Apply Beasiswa

Baca juga : Nindy Ayunda, Tertawakan Isu Nikah Siri

Langkah akhir yang perlu diambil adalah mengirimkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk menerima beasiswa ke lembaga yang telah Anda pilih. Pastikan semua dokumen yang diperlukan telah disiapkan dengan lengkap. Pastikan kelengkapan dokumen yang akan dikirimkan. Sertakan nomor telepon dan alamat email agar pihak penyelenggara beasiswa dapat menghubungi Anda dengan mudah.

Itulah tips untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Pastikan juga untuk selalu memeriksa syarat dan persyaratan beasiswa serta mengikuti petunjuk aplikasi yang diberikan oleh penyedia beasiswa. Jika memungkinkan, dapatkan nasihat dari alumni atau orang yang pernah mendapatkan beasiswa yang sama untuk mendapatkan tips yang berguna.

Roslina
Roslina
Mahasiswa Program Studi Jurnalistik, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.