Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora Bukan Pekan Olahraga Mahasiswa Di Kalsel

Kamis, 16 November 2023 13:53 WIB
Pembukaan POMNAS XVIII di Halaman Kantor Gubernur Kalsel, Kota Banjarbaru, Rabu 15/11 malam. (Foto : Ist)
Pembukaan POMNAS XVIII di Halaman Kantor Gubernur Kalsel, Kota Banjarbaru, Rabu 15/11 malam. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII 2023 Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi persiapan Indonesia saat menjadi tuan rumah ASEAN University Games 2024.

Hal itu dikatakan Dito saat pembukaan POMNAS XVIII di Halaman Kantor Gubernur Kalsel, Kota Banjarbaru, Rabu (15/11) malam.

"Tahun depan kita tuan rumah ASEAN University Games di Surabaya. Saya harap momentum POMNAS ini bisa menjadikan semangat para bergelora para mahasiswa di ASEAN university games," ujar Menpora Dito.

Baca juga : Prabowo Akan Perketat Pengawasan Tenaga Kerja Asing di Indonesia

Menurut Menpora, gelaran ini bisa menjadi langkah awal dalam rangka menyiapkan tim nasional dan kontingen Indonesia. Apalagi cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam POMNAS kali ini mengalami penambahan dari 14 menjadi 16 cabang olahraga.

Sementara itu Staf Ahli Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Bidang Manajemen Talenta Tatang Muttaqin menyebut kontingen POMNas XVIII hadir dengan penampilan dan antusiasme tinggi.

Menurutnya hal tersebut bisa menjadi modal untuk Kemendikbudristek menyiapkan ASEAN University Games yang akan dilaksanakan di Jawa Timur pada 2024.

Baca juga : HNW Usul Tenaga Musiman Haji Mahasiswa Indonesia Diperbanyak

"Mudah-mudahan adik-adik yang saat ini hadir, yang merupakan atlet-atlet berprestasi di provinsinya masing-masing, bisa menjadi bagian talenta yang bisa kita tingkatkan kualitasnya," tutur Tatang.

Dikatakan, kontingen-kontingen daerah yang saat ini hadir sudah ada dalam sistem informasi manajemen talenta yang dimiliki Kemendikbudristek. Yang selanjutnya menjadi bagian sari amanat Presiden di dalam keputusan presiden (Keppres) terkait manajemen talenta nasional.

ASEAN University Games sendiri merupakan ajang kompetisi olahraga untuk para atlet dari berbagai universitas di kawasan Asia Tenggara. Event ini diadakan setiap dua tahun sekali oleh ASEAN University Sport Council sejak tahun 1981.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.