Dark/Light Mode

Ayo Berantas Mafia Tanah

Sabtu, 18 Juni 2022 06:46 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Kita juga berharap, Menteri ATR yang baru terjun langsung menga­wasi apa saja yang dikerjakan para kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota dan kabupaten.

Begitu ada tanda-tanda, oknum BPN di bawah coba bermain dengan calo atau mafia tanah, Menteri ATR mesti menegur keras sang kepala kantor.

Baca juga : Saatnya Hentikan Korupsi Di Daerah

Ke depan ini, para kepala Kantor BPN harus menutup peluang para calo dan mafia tanah untuk bermain. Orang-orang yang tidak jelas urusannya, tak boleh berkeliaran di Kantor BPN.

Sudah saatnya pula, penyuluhan soal tanah diberikan secara rutin ke masyarakat yang tinggal di pinggiran kota atau perkampungan padat penduduk. Ini penting, supaya mereka tidak mudah dirayu atau dipermainkan mafia tanah.

Baca juga : Ayo Siapkan Lagi Sembako Murah

Kita juga berharap, proses penerbi­tan sertifikat tanah untuk orang-orang di lapisan bawah dikebut. Rakyat kecil butuh kepastian hak atas tanah yang jadi tempat tinggal, tempat usaha atau tempat mereka bercocok tanam.

Jadi sekali lagi, tugas berat pertama Menteri ATR yang baru adalah memerangi mafia tanah. Kedua, menyelesaikan sengketa tanah. Terutama sengketa yang mengancam kepemilikan tanah orang-orang kecil. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.