Dark/Light Mode

Ayo Berantas Mafia Tanah

Sabtu, 18 Juni 2022 06:46 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi telah menunjuk Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) menggantikan Sofyan Djalil. Mudah-mudahan Hadi yang mantan Panglima TNI itu bisa secepatnya memberantas mafia tanah, yang belakangan meresahkan masyarakat.

Baca juga : Saatnya Hentikan Korupsi Di Daerah

Persoalan tanah jadi makin pelik akibat canggihnya permainan para calo dan mafia. Mereka mengincar para pemilik tanah yang buta hukum. Dengan kemampuan tipu dayanya, mereka bisa mengubah hak kepemilikan tanah orang-orang di lapisan bawah.

Baca juga : Ayo Siapkan Lagi Sembako Murah

Dengan iming-iming sedikit uang saja, tidak jarang rakyat kecil yang hanya memiliki sebidang lahan, bisa jatuh miskin dan tidak punya tempat tinggal lagi akibat tanahnya diambil orang.

Baca juga : Rekrut Lagi Korban PHK

Persoalan lain yang perlu segera diatasi adalah, masalah penyerobotan lahan. Di sini kerap kali pemilik tanah yang sah, kalah di pengadilan. Untuk itu, Menteri ATR yang baru mesti secepatnya membentuk tim buru sergap mafia tanah. Tim ini mesti melibatkan pihak Kepolisian dan Kejaksaan Agung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.