Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Bermaafan Dengan Lawan Politik

Jumat, 28 April 2023 04:54 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebaran adalah momen yang langka. Hanya datang setahu sekali. Dalam tradisi masyarakat Indonesia, momen ini digunakan untuk bermaaf-maafan dengan semua pihak. Sanak, saudara, teman, kerabat, tetangga, kolega, atau bahkan antara pihak-pihak yang sebelumnya berselisih paham, renggang sampai bermusuhan.

Sayangnya, momen ini seperti belum dimanfaatkan para elite politik kita. Lihat saja, saat momen Lebaran kemarin, mereka hanya bersilaturahmi dengan orang-orang satu kelompok. Sedangkan dengan kelompok yang berseberangan dan menjadi lawan politik, belum ada.

Baca juga : Smartfren Community Berbagi Berkah dengan Belajar Ngonten Positif

Menjelang Pilpres 2024, sudah ada tiga sosok potensial untuk nyapres. Yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Selama Lebaran kemarin, ketiganya rajin bersilaturahmi dengan banyak pihak. Selain untuk bermaaf-maafan, tentunya juga bertujuan untuk menguatkan posisi menghadapi kontestasi politik.

Ganjar terlihat bersilaturahmi dengan keluarga Jokowi, keluarga besar PDIP, dan elemen masyarakat di Jawa Tengah. Prabowo bersilaturahmi dengan keluarga Jokowi, pejabat pemerintah, dan mantan para petinggi militer. Sedangkan Anies bersilaturahmi dengan para petinggi parpol Koalisi Perubahan.

Baca juga : BRI Kembangkan Talent Digital Lewat IT Internship Bootcamp

Sebelum sama-sama menjadi kandidat capres, Ganjar, Prabowo, dan Anies punya hubungan dekat dan sangat akrab. Saat panen raya dengan Kabumen, Maret lalu, Ganjar dan Prabowo begitu lengket. Saat awal-awal menjabat Gubernur DKI Jakarta, Anies sangat sering bertemu Ganjar. Kemudian, saat maju di Pilkada DKI pada 2017, Anies sangat rekat dengan Prabowo.

Sayangnya, semua kedekatan itu kini seakan sirna. Bahkan di momen Lebaran, ketiganya belum bertemu. Yang terjadi justru, sebagian tim dari ketiganya malah saling serang, mencari celah untuk menjatuhkan lawan.

Baca juga : BAZNAS Bersama MAPAN Bantu Pengentasan Kemiskinan Lewat Program ZMart

Padahal, silaturahmi antara ketiganya akan sangat berarti. Jika ketiganya bertemu, bermaafan, mengeratkan tali silaturahmi, tentu suhu politik kita bisa lebih sejuk. Para tim dan pendukung di bawah, meskipun tidak semuanya, bisa mengambil contoh dari keguyuban yang diperlihatkan.

Mumpung momen Lebaran masih ada, kita berharap, ketiga tokoh tersebut bisa bertemu. Untuk mempererat silaturahmi, bermaafan, dan menjaga persatuan bangsa. Semoga momen Lebaran, yang ada hanya satu tahun sekali, ini bisa dimanfaatkan dengan baik.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.