Dark/Light Mode

Pastikan Berkoalisi Dengan Parpol Lain

PDIP Mau Jadi Lokomotif

Rabu, 19 April 2023 07:55 WIB
Politisi senior PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno. (Foto: DPR)
Politisi senior PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno. (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan berikhtiar tampil sebagai pemimpin koalisi di Pilpres 2024. Modal partai berlambang Banteng ini cukup besar, memiliki kader-kader berkualitas dan mampu mengusung capres-capres sendiri, karena punya kuota lebih dari 20 persen kursi DPR. Meski begitu, Banteng tak mau berjuang sendirian.

“Wajar bila PDI Perjuangan dipersepsi sebagai yang paling siap menjadi lokomotif. Termasuk sebagai lokomotif dalam kerja sama antar parpol,” ujar politisi senior PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno kepada Rakyat Merdeka, belum lama ini.

Anggota Komisi XI DPR ini menerangkan, berdasarkan Undang-Undang Pemilu, PDI Perjuangan merupakan satu-satunya partai yang memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon di Pilpres 2024. Ingin tampil sebagai pemimpin lokomotif, apa yang akan lebih dahulu dilakukan PDI Perjuangan.

Baca juga : Kapolri Sibuk Urus Mudik

Ditanya apakah PDI Perjuangan akan me-launching jagoan Capres dahulu kemudian menawarkan koalisi? Atau sebaliknya seperti koa lisi yang terba ngun saat ini, Hendrawan mengaku semua itu diserahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

“Kongres dan konstitusi partai memberi mandat penuh kepada Ketum Ibu Megawati untuk menentukan pentahapan, urutan, momentum dan waktu yang tepat. Dalam peran sebagai lokomotif, tentu kami tidak akan terburu-buru atau grusa-grusu,” ungkapnya.

Intinya, kata Hendrawan, PDI Perjuangan siap menghadapi Pilpres 2024. Bahkan, paling siap menjadi lokomotif di dalam upaya kerja sama atau koalisi antar parpol.

Baca juga : Rayakan Perceraian Dengan Keliling Kota

Siapa saja bisa bergabung dan berjuang bersama, asalkan memiliki frekuensi yang sama ihwal memperjuangkan wong cilik.

“Lokomotif yang efektif tentu harus mampu membangun sinergi dan stamina gotong royong yang adaptif dan inklusif, sehingga gerbong-gerbong bergerak dalam rel dan irama perjuangan yang saling mengisi dan memperkuat,” tutupnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto memberikan sinyal kuat kalau PDI Perjuangan akan berkoalisi dengan partai lain di Pilpres 2024. Sekalipun, partainya sudah memiliki tiket pengusung capres dan cawapres.

Baca juga : SIM Keliling Depok Senin 17 April, Hadir Di 2 Lokasi

“Spirit PDI Perjuangan dalam membangun kerja sama itu dengan gotong royong. Itu sari pati Pancasila yang menjadi kultur bangsa,” kata Hasto di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (15/4).

Untuk Pilpres 2024, Hasto menyebut, PDI Perjuangan bakal lebih intensif membicarakan kerja sama politik dengan partai lain setelah mengumumkan capres yang bakal diusung.

“Akan terjadi peningkatan frekuensi di dalam membangun kerja sama tersebut. Nantinya Ibu Megawati Soekarnoputri yang memimpin secara langsung dan tentu saja bersama Pak Jokowi karena beliau juga dari PDI Perjuangan,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.