Dark/Light Mode

Politik 2020 dan 4 Peristiwa

Selasa, 31 Desember 2019 06:40 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Angkanya cantik: 2020. Tujuh shio diramal akan bernasib cantik juga. Meraup untung besar. Ada pula yang meramal, tiga zodiak akan meraih sukses besar. Apakah bangsa ini, juga akan bernasib cantik di tahun 2020?

Kita lihat setidaknya empat peristiwa politik yang akan mewarnai 2020.

Pertama, reshuffle kabinet. Perombakan diperkirakan akan dilakukan di paruh kedua 2020. Di Kabinet kerja pertama, Jokowi melakukannya setelah 10 bulan memerintah. Empat kementerian dan jabatan mengalami perubahan.

Melalui reshuffle, Presiden menyesuaikan kembali formasi timnya. Kalau ada “goyangan”, bakal ada parpol yang kursinya berkurang.

Baca juga : Reshuffle Lebih Cepat?

Potensi parpol baru yang masuk, juga terbuka. Bisa Demokrat, bisa PAN. Ormas NU, juga punya kans mendapat tambahan kursi.

Beberapa menteri yang kurang “bunyi” dan tidak bisa memenuhi target Presiden akan terlempar. Karena isu ekonomi sangat kuat pada 2020, kementerian sektor ekonomi akan lebih banyak disorot.

Kedua, pilkada serentak di 270 daerah. Hajatan besar ini digelar Rabu, 23 September 2020. Pilkada berjamaah ini akan menjadi jembatan menuju Pilpres 2024. Isu-isu, pola dan kerawanannya akan menjadi cermin Pilpres 2024.

Semua pihak perlu mengantisipasi terjadinya pola yang sangat ekstrem saat pilpres 2029 ketika “cebong” dan “kampret” bertarung habis-habisan.

Baca juga : Curhatan Mahfud

Bahkan sampai sekarang. Selain itu, isu-isu politik dinasti serta oligarki politik dan ekonomi akan mewarnai Pilkada. Isu ini akan terus digoreng karena banyak nama-nama besar di belakang para calon. Ada nama Jokowi, Ma’ruf Amien, Amien Rais dan para kepala daerah.

Serbuan hoaks juga berpotensi mengganggu proses pilkada serentak. Isu klasik, politik uang, diperkirakan masih mewarnai Pilkada serentak 2020. Karena setiap daerah punya kerawanan masing-masing, pemerintah harus mengantisipasi serius. Perlu data dan penelitian yang jelas, statistik serta angka yang akurat untuk mengantisi pasinya.

Ketiga, kasus-kasus yang menerpa BUMN. Kasus ini akan bernuansa ekonomi dan politik. Ini akan menjadi isu menarik. Bisa panjang. Serial. Apalagi kalau ada nama-nama besar di dalamnya. Drama Century atau BLBI bisa terulang.

Keempat, KPK. Setelah direvisi dan berwajah baru dengan segala kontroversinya, publik pasti menunggu kinerja KPK. Apakah KPK akan lebih galak dengan “kasus-kasus terpilih?”, tanpa kompromi, apakah OTT semakin gencar atau justru melempem? Atau, Presiden Jokowi akan mengeluarkan Perppu KPK?

Baca juga : Dari Garuda Ke Jiwasraya

Di tahun cantik 2020, semuanya akan terjawab. Cantik atau penuh polesan? Sedih atau gembira? Menarik ditunggu. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.