Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menyikapi Rekor Keterpaparan

Rabu, 27 Januari 2021 06:36 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhirnya, seperti sudah diduga, jumlah yang terpapar tembus 1 juta. Mau bagaimana sikap kita? Pernyataan berdamai dengan Covid-19 yang pernah disampaikan Presiden menambah panjang daftar kebingungan sikap pemerintah. Tagline yang diusung sejak awal kemunculan virus ini ada perang, lawan, dan serang habis keberadaan-persebaran mereka. Sekarang, mau bagaimana strateginya?

Tidak ada yang salah. Tapi please matangkan dulu ke level yang paling teknis dan praktis. Strategi makro dan jangka panjang itu penting dan tak kalah penting program lapangannya. Bukan hanya jelas konsepnya tapi jelas dan detail panduan pelaksanaannya.

Baca juga : Covid-19 Dan Bencana Alam

Setelah semua konkret, maka baru di-deliver ke publik. Jauh, sebelum di-deliver, pastikan semua aparat terkait berada pada halaman yang sama. Mereka punya persepsi persoalan berikut solusinya yang sama dari atas sampai bawah.

Berharap jika ada perbedaan dan perselisihan pemahaman dilakukan di dalam ruang rapat. Setelah keluar semua wajib satu suara dan cukup seorang pejabat yang memaparkan strategi, kebijakan dan program. Jadi tidak memberi message yang buruk, ada kegalauan atau perseteruan.

Baca juga : Kehidupan Pasca Vaksin

Kita tidak mau situasi tanggap darurat Covid-19 ini jadi panggung politik untuk mengamankan kedudukan dan meningkatkan elektoral menuju 2024. Oleh karenanya, semua harus kompak, solid, dan terarah. Gesture pemerintah penting dengan jelas terbaca agar menumbuhkan optimisme bahwa semua akan baik-baik.

Terkait kebijakan untuk berdamai dengan musuh perang yang tak terlihat, rasanya ini baik saja. Kita berharap Pemerintah mulai mengurangi paranoid berlebihan. Kita sejatinya lebih tenang dan sabar dengan perkembangan Covid-19. Cukup waspada saja dan kehidupan berjalan seperti biasa.

Baca juga : Mahalnya Politik Ekonomi Kedelai

Berdamai dengan Covid-19 artinya semua komponen bangsa menerapkan kehidupan normal seraya tetap waspada. Ini dalam rangka kehidupan kembali pulih di segala bidang. Yakinlah, Indonesia akan baik-baik saja, sekarang dan masa yang akan datang di kehidupan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.