Dark/Light Mode

Negeri Ramah Musibah

Senin, 8 November 2021 07:07 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

 Sebelumnya 
Begitu juga kita sebagai bangsa, khususnya para pemangku negara, harus mulai menata dengan selain early warning system bencana, juga selalu siap dengan emergency action. Ini bukan hanya di pusat tapi juga pemerintah daerah.

Baca juga : Ketika Pebisnis Mendikte Kebijakan

Daerah-daerah yang secara geografi dan analisa geologisnya tertinggi potensi bencananya, harus merancang aksi antisipasi dan rencana kontigensi yang disosialisasi secara luas kepada warganya. Bila diperlukan, selalu ada simulasi jika keadaan yang diinginkan terjadi. Harus mau.

Baca juga : Promosi Kok Saat Pandemi

Desain rumah tinggal, infrastruktur, petunjuk arah emergency exit sudah harus dirancang oleh bagian tata kota seluruh kabupaten dan kota. Sekali lagi, negeri berada dalam ring of fire karenanya sudah harus mulai mengenali keberkahan dan keganasannya. Faktanya, selalu saja ada hikmat terselubung di balik musibah. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.