Dark/Light Mode

Sosialisasi DBON, Menpora Yakin Sulut Punya Potensi Kembangkan Potensi Olahraga

Rabu, 24 November 2021 19:40 WIB
Menpora Zainudin Amali saat sosialisasi DBON di Sulut, Rabu (24/11). (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali saat sosialisasi DBON di Sulut, Rabu (24/11). (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali menegaskan Sulawesi Utara memiliki potensi untuk mengembangkan olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, industri olahraga hingga wisata olahraga.

Hal itu dikatakan Menpora saat Sosialisasi DBON #cetakjuara di Hotel Sintesa Peninsula, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (24/11) siang.

Sulawesi Utara menjadi salah satu tempat sosialisasi DBON karena dianggap memiliki potensi besar baik untuk olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, industri olahraga, wisata olahraga.

Baca juga : Melayat Ke Rumah Duka, Menpora Ingin Pebulutangkis Muda Contoh Verawaty

"Saya sudah bertemu dengan Bapak Gubernur, bahwa akan ada kegiatan-kegiatan olahraga baik nasional dan internasional yang bisa diselenggarakan di Sulut ini," jelas Menpora Amali.

Menurutnya, selama ini prestasi olahraga nasional belum terdesain dengan baik, maka Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada dirinya untuk mereview total tentang ekosistem pembinaan olahraga nasional.

"Jadi yang mengawali ini adalah Bapak Presiden pada peringatan Haornas ke-37 tahun 2020 hingga lahirnya Perpres 86 tentang DBON ini," jelas Menpora Amali.

Baca juga : Sosialisasi DBON, Menpora: Jawa Barat Gudangnya Atlet Berprestasi

"Mohon dukungan semua pihak baik juga media agar Perpres 86 tentang DBON ini bisa tersosialisasi merata sampai ke tingkat-tingkat masyarakat dan tentu ini sekaligus menjadi kekuatan baru buat kita untuk membangun SDM kita, membangun kebugaran masyarakat dan sekaligus menuju prestasi olahraga yang semakin bagus," harapnya. 

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O. E Kandouw merespon dengan positif dan bangga terkait roadmap Menpora Amali yang dinilai sesuai dengan upaya Pemprov Sulut menciptakan SDM unggul.

"Pemprov Sulawesi Utara dalam hal ini Bapak Gubernur merespon dengan baik roadmap olahraga yang dicanangkan oleh Bapak Menpora, bak gayung bersambut dengan upaya ikhtiar kita menciptakan masyarakat yang beriman, SDM pendidikannya mantap dan fisiknya bagus," tuturnya.

Baca juga : Didampingi Menpora, Presiden Jokowi Saksikan Final Bulutangkis Peparnas Papua

"Ditambah lagi dengan DBON ini tentu saja memperjelas rambu-rambu tahapan-tahapan untuk mencapai arahan tujuan itu. Kami Pemprov Sulut merasa senang, salut dan apresiasi dengan langkah konkret yang dicanangkan oleh Bapak Menpora dengan DBON ini," tambahnya.

Rektor UNIMA Deitje Adolfien Katuuk, menyampaikan UNIMA siap menjadi mitra pemerintah dalam mendukung dan mensukseskan DBON baik dalam rangka olahraga prestasi, olahraga pendidikan dan olahraga rekreasi.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Menpora yang menunjuk kami sebagai pelaksana dan kami siap menunjang implementasi dari DBON dengan SDM yang ada di UNIMA," ujarnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.