Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menpora Dorong Pemuda Menjadi Job Creator Menghadapi Persaingan Global

Selasa, 7 Desember 2021 05:26 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendorong pemuda Indonesia menjadi job creator dalam menghadapi bonus demografi dan persaingan global.

Hal itu disampaikan Menpora Amali saat menjadi keynote speech pada Webinar Pertamina Foundation, dari Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (6/12).

"Anak-anak muda kita dalam persaingan global ini harus menjadi job creator bukan menjadi job seeker. Sebab, dengan menjadi job creator akan menjadi tempat bergantungnya orang lain, dan sebaliknya job seeker berarti menggantungkan hidupnya pada orang lain," kata Menpora Amali pada webinar yang mengangkat tema Kreasi Generasi Milenial Membangun Kompetisi Global. 

Berita Terkait : Menlu Retno Ajak Indonesianis Bantu Jawab Tantangan Global

Pemerintah memberikan apresiasi kepada Pertamina dan Pertamina Foundation atas rencana kegiatan Pertamina Foundation (PF Muda) untuk mendorong generasi muda dalam mempersiapkan diri menghadapi persaingan global.

"Pemerintah sangat mendorong tentang semangat kewirausahaan para anak muda. Kreativitas-kreativitas yang ada adalah hal positif dan pemerintah mendukung itu. Sehingga begitu bonus demografi datang kita sudah dalam kondisi siap," tutur Menpora Amali.

"Apa yang dilakukan oleh Pertamina dan Pertamina Foundation adalah upaya-upaya kelompok masyarakat untuk mencarikan jalan keluar dari persoalan-persoalan yang dihadapi oleh para pemuda," imbuhnya.

Berita Terkait : Mentan Ajak Petani Jawa Tengah Gerakkan Ekonomi Dengan Food Estate

Dalam UU No.40/2009 tentang Kepemudaan, salah satu peran dan fungsi pemuda adalah sebagai agen perubahan sosial atau agent of social change.

"Pemuda sebagai agent of social change ini menjadi solusi atas masalah sosial yang muncul, terlebih saat ini kita berada di tengah situasi pandemi Covid-19," urai Menpora Amali.

Dari program Pertamina Foundation yang menghadirkan narasumber yang kompeten diharapkan menambah wawasan dan pengetahuan peserta.

Berita Terkait : Pupuk Indonesia Dorong Petani Terapkan Pemupukan Berimbang

"Saya harap setelah acara ini akan muncul gagasan-gagasan dan tokoh tokoh yang akan menjadi inpirasi dan panutan di bidangnya baik bidang sosial dan enterprenuer," tuturnya.

"Saya menyambut baik dan mengapresiasi Pertamina dan Pertamina Foundation semoga bisa menghasilkan peserta yang terbaik dan bisa mendapatkan pendampingan terus dari Pertamina Foundation. Tetap semangat dan gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya," tutup Menpora Amali. [IPL]