Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora Dorong Wushu Tampil Di Olimpiade

Rabu, 8 Desember 2021 10:41 WIB
Menpora Zainudin Amali Opening Ceremony Indonesia Wushu All Games 2021 di Tenis Indoor GBK Senayan Jakarta, Selasa (7/12) malam. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali Opening Ceremony Indonesia Wushu All Games 2021 di Tenis Indoor GBK Senayan Jakarta, Selasa (7/12) malam. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali mengapresiasi Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto yang terus menggelar kompetisi meskipun dalam kondisi pandemi.

Kali ini digelar Opening Ceremony Indonesia Wushu All Games 2021 di Tenis Indoor GBK Senayan Jakarta, Selasa (7/12) malam.

"Kami menyambut baik, dalam catatan Kemenpora Wushu adalah cabor yang melaksanakan kompetisi secara terus menerus walaupun dalam situasi pandemi, kalau tidak salah ini yang ketiga," kata Menpora Amali saat memberikan sambutan pembukaan.

Dikala pandemi dimana cabor-cabor banyak yang tidak melakukan kegiatan, tetapi PB Wushu Indonesia terus melakukan kegiatan dengan berbagai cara dan strategi dimana para atlet terus dapat berkompetisi dengan tetap terjaga kesehatannya. 

Baca juga : China Geram AS Bakal Boikot Olimpiade Musim Dingin

"Modifikasi-modifikasi suasana dan situasi terus dilakukan oleh PB Wushu, dan ini luar biasa," tegasnya.

Menpora menyinggung ada 14 cabor unggulan yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Dimana 12 cabor merupakan Olimpic Games, sementara 2 cabor yaitu Pencak Silat dan Wushu dipersiapkan bila Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah Olimpiade.

Jika menilik persyaratan cabor dipertandingkan di Olimpiade harus memenuhi syarat yaitu ada di 75 negara dan 5 benua maka untuk Wushu optimis karena sudah melampaui persyaratan tersebut.

"Nah olahraga kita Pencak Silat itu baru ada di 32 negara sehingga masih perlu upaya lagi supaya berkembang lagi di seluruh dunia. Sementara Wushu sekarang ini sudah ada di 152 negara di 5 benua, jadi kalau dari persyaratan ini harusnya sudah masuk di Olimpiade, ini membanggakan," ucapnya.

Baca juga : Menkes: Varian Omicron Belum Terdeteksi Di Indonesia

Melihat realitas tersebut, ada pesan kepada PB Wushu Indonesia untuk terus mendorong agar Wushu bisa segera bisa dipertandingkan di Olimpiade.

"Saya ada satu pesan kepada Ketum beserta jajaran PB Wushu Indonesia agar memperjuangkan terus kepada Internasional Federation Wushu, mendorong Wushu menjadi olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade," pesan Menpora.

"Cita-cita 2032 sebagaimana disampaikan Ketua Umum bahwa Wushu bisa dipertandingkan di Olimpiade. Jika Wushu dipertandingkan di Olimpiade saya yakin akan menyumbangkan medali emas untuk Indonesia," tegasnya dan disambut tepuk tangan para hadirin.

Sebelumnya Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto dalam rangka terus meningkatkan konsentrasi dan prestasi para atlet dan membantu pemerintah dalam menyiapkan Training Camp, berencana membangun tempat sendiri.

Baca juga : Sandiaga Dorong Galeri MURI Jadi Destinasi Wisata

"Saya terima kasih karena tadi Ketua Umum menyampaikan akan membangun Traning Camp sendiri. Keinginan Ketua Umum disambut Pak Gubernur DKI, terima kasih Pak Ketua Umum terima kasih Pak Gubernur DKI, kehadiran saya malam ini tidak sia-sia karena beban saya jadi ringan, saya tidak memikirkan satu cabor," tutupnya.[IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.