Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemerintah Dorong Industri Game Lokal Kuasai Pasar Dunia

Sabtu, 20 November 2021 17:09 WIB
Industri game lokal siap bersaing dengan negara luar. (foto:net)
Industri game lokal siap bersaing dengan negara luar. (foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertumbuhan industri game di Indonesia bergerak sangat dinamis. Bahkan sejak pandemi Covid-19 melanda dunia menjadi momentum perkembangan industri game di dalam negeri dan luar negeri.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menegaskan, dukungan Pemerintah untuk ekosistem industri game di Tanah Air. 

Melalui penyelenggaraan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021, Kemenkominfo berupaya mendorong industri game nasional menguasai pasar dalam negeri dan luar negeri.

"Kita ingin melihat pelaku industri gim dalam negeri dapat menguasai pangsa pasar yang lebih besar di negeri sendiri, dapat menciptakan produk-produk gim yang bisa bersaing dengan game developer global, dan membuka mata dunia bahwa Indonesia bukan sekadar pasar tapi juga pemain penting dalam tatanan industri gim dalam negeri maupun luar negeri," ujarnya melalui rekaman video dalam IGDX 2021 Conference, yang berlangsung hibrida dari Kuta, Bali, Sabtu (20/11).

Baca juga : Yang Ngomel Masih Pasang

Menteri Johnny menegaskan, Kominfo berupaya memanfaarkan momentum perkembangan industri game dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas ekosistem gim nasional.

"Kita dukung kebijakan dan program untuk peningkatan kualitas dan kapasitas pelaku industri kreatif di Indonesia, secara khusus pelaku industri game atau permainan di Indonesia," katanya.

Dalam IGDX 2021 berlangsung empat kegiatan utama yaitu IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Career, dan IGDX Conference. Setiap kegiatan melibatkan banyak pihak dari pelaku industri game, baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Saya berharap, ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para game developer lokal untuk mencari informasi, ilmu dan pengetahuan, jejaring baru," ujar Menkominfo.

Baca juga : Kemenperin Pacu Industri Susu Nasional

Bahkan Menteri Johnny mendorong, pelaku pelaku industri game Indonesia mampu meningkatkan kapasitas perusahaan dan mendapatkan pendanaan.

"Saya berharap teman-teman mampu mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan untuk membuat produk permainan atau game yang lebih berkualitas juga meningkatkan kapasitas perusahaan yang teman-teman miliki," ungkapnya.

Menurutnya, pelibatan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dalam IDGX merupakan upaya kolaborasi agar menjadikan kegiatan berlangsung menarik.

"Untuk mengadakan kembali Indonesia Game Developer Exchange dengan isi program yang lebih variatif, inovatif dan kreatif sehingga bisa menjadi sarana pengembangan para game developer dalam negeri baik dari segi kualitas produk maupun kapasitas dari entitas unit usaha," tuturnya.

Baca juga : Pemerintah Bangun Lima Pilar Supaya Covid Tetap Jinak

Lebih dari itu, Menteri Johnny mengharapkan, penyelenggaran IGDX 2021 dapat menjadi penghubung bagi talenta Indonesia di bidang gim agar dapat menemukan tempat untuk mengembangkan diri dan membangun ekosistem game dalam negeri.

"Di mana mereka bisa bekerja, berkarir, dan terus juga berkembang menjadi salah satu fondasi kuat ekosistem industri game negeri kita Indonesia," harapnya.

Menkominfo juga mengharapkan penyelenggaraan IGDX 2021 terus menjadi sarana yang mampu menampung aspirasi pelaku industri game Tanah Air.

"Saya akan terus mendorong dan mengawasi agar program ini dapat terlaksana sesuai dengan target dan tujuan yang telah ditetapkan," tegasnya. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.