Dark/Light Mode

China Geram AS Bakal Boikot Olimpiade Musim Dingin

Selasa, 7 Desember 2021 20:55 WIB
Logo Olimpiade Beijing 2022. (Foto: Ist)
Logo Olimpiade Beijing 2022. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - China mengecam keputusan Amerika Serikat yang memboikot secara diplomatik Olimpiade Musim Dingin yang bakal digelar di Beijing pada 2022. Negeri Tirai Bambu ini pun bersumpah akan membalas sikap Paman Sam.

"AS akan menanggung akibatnya. Tunggu saja," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian dikutip AFP, Selasa (7/12).

Baca juga : Nggak Bakal Kirim Delegasi Resmi, AS Boikot Olimpiade 2022 Beijing

Zhao menyatakan bahwa boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing yang dilakukan AS tersebut merupakan bentuk prasangka ideologis.

"Upaya AS untuk mengintervensi Olimpiade Musim Dingin Beijing merupakan prasangka ideologis, berdasarkan kebohongan dan rumor. Ini hanya menunjukkan maksud jahat mereka," lanjut Zhao.

Baca juga : Kalbis Institute Sabet Juara Olimpiade Akutansi Tingkat Perguruan Tinggi

Dia menyesalkan keputusan AS yang memasukkan segala hal ke jalur politik. "Olimpiade Musim Dingin bukan panggung politik dan tidak boleh dipakai untuk manipulasi politik," ujar Zhao.

Sebelumnya, juru bicara Gedung Putih Jen Psaki menyampaikan Presiden Joe Biden tidak akan mengirim perwakilan diplomatik ke Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing 2022.

Baca juga : Erwin Ramdani Yakin Bawa Persib Juara Liga 1 Musim Ini

Psaki mengatakan, AS mengambil keputusan itu karena laporan mengenai genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang masih dilakukan China di Xinjiang dan berbagai daerah lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.