Dark/Light Mode

Praveen/Melati Siap Unjuk Gigi

Rabu, 2 Februari 2022 07:25 WIB
Praveen Jordan/Melati Daeva
Oktavianti. (Foto: dok. PBSI).
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. (Foto: dok. PBSI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, akan menghadapi tantangan baru sebagai pemain non-pelatnas. Atlet PB Djarum itu memasang target lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Pasangan peringkat lima dunia itu bakal mengarungi musim 2022 dengan memperkuat klub yang membesarkan nama mereka, PB Djarum, dan akan berlatih intensif di GOR Djarum Jakarta. Bahkan, PB Djarum sudah menyiapkan program untuk Praveen/Melati dengan target utama lolos kualifikasi Olimpiade Paris pada 2024. “Kami berdua sudah mulai latihan intensif sejak awal tahun bersama tim PB Djarum. Targetnya, tahun ini mau naik podium satu lagi di pertandingan apa pun yang kami ikuti,” kata Melati.

Baca juga : Kembali Masuk Timnas, Balotelli Siap Unjuk Gigi

Pada 2022, Praveen/Melati akan memulai rangkaian turnamen di Eropa, dari Super 300 Jerman Terbuka (8-13 Maret), Super 1000 All England (16-20 Maret), sampai Super 300 Swis Terbuka (22-27 Maret). “Yang pasti, kami akan terus bekerja sama. Soal promosi dan degradasi adalah hal yang biasa di pelatnas PBSI. Buat kami, semangat berprestasi itu tetap ada. Kami akan lebih siap lagi menghadapi pertandingan.

Masing-masing dari kami harus saling mengingatkan dan menguatkan untuk mencapai target,” kata Praveen. Melati juga mengaku tetap menjaga komitmen ekstra. “Saya mau menanamkan dalam diri untuk terus ingat tujuan kami, dan kami tidak boleh lengah. Tujuan kami mau terus berprestasi di level internasional,” ujar Melati. Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin mengaku terus mendukung Praveen/Melati guna mengikuti berbagai ajang internasional. “Mereka akan bertanding seperti biasa.


Baca juga : Lawan Vietnam, Yabes Siap Unjuk Prestasi

Kami dari tim dan pelatih akan memilih dan mempertimbangkan turnamen mana saja yang akan mereka ikuti. Harapannya, mereka bisa lolos kualifikasi Olimpiade di Paris nanti,” harap Yoppy. PB Djarum bakal membebani ganda campuran peringkat kelima dunia itu dengan target sepanjang musim 2022. Tapi tentu ada konsekuensi dan tanggung jawab yang harus mereka pikul. Pasangan itu harus bisa memenuhi target-target tertentu yang diberikan. “Jika mereka gagal memenuhi target, tentu akan ada punishment-nya.

Kesepakatan tersebut akan dituangkan dalam perjanjian tertulis,” kata Yoppy. Menurutnya, PB Djarum bakal membebani mereka target sepanjang musim 2022. Selain Praveen/Melati, PB Djarum juga akan mempersiapkan program untuk Gloria Emanuelle Widjaja, yang juga terdepak dari pelatnas.

Baca juga : Praveen/Melati Siap Tempur, Ini Hasil Undian BWF World Tour Final

Dia bakal dipasangkan dengan pemain muda PB Djarum, Dejan Ferdinansyah. Sebelumnya, pelatih ganda campuran bulutangkis nasional, Nova Widianto mengkonfirmasi Praveen/Melati dan Hafiz Faizal/Gloria terdegradasi dari jajaran penghuni Pelatnas PBSI Cipayung.

Menurut Nova, paling tidak, ada empat alasan terdepaknya kedua ganda campuran yang kerap diandalkan Indonesia dalam berbagai ajang besar tersebut. “Praveen/Melati dan Hafiz/ Gloria tidak di pelatnas tahun ini. Ada beberapa parameter, yang pasti dari prestasi satu dua tahun belakangan. Lalu faktor usia, berapa lama di pelatnas, dan soal karakter,” kata Nova dalam konferensi pers virtual di Jakarta, pekan lalu. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.