Dark/Light Mode

Pecah Telur, Senegal Juara Piala Afrika 2021

Senin, 7 Februari 2022 05:46 WIB
Selebasi Sadio Mane Cs dengan trofi Piala Afrika 2021. (Foto : Ist)
Selebasi Sadio Mane Cs dengan trofi Piala Afrika 2021. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Senegal memecahkan telor juara Piala Afrika. Untuk kali pertama, Saadio Mane Cs juara usai mengalahkan Mesir di partai pamungkas lewat drama adu penalti.

Final Piala Afrika 2021 mempertemukan Senegal vs Mesir di Paul Biya Stadium, Kamerun, Senin (7/2/2022) dini hari WIB.

Baca juga : Mendagri Terbitkan Aturan Penyelenggaraan MotoGP Mandalika

Kedua kesebelasan bermain sengit sejak awal pertandingan namun tidak ada gol hingga peluit babak kedua.Sadio Mane sempat frustasi karena sepakannya dari titik putih gagal terkonversi menjadi gol.

Namun Senegal keluar sebagai jawara setelah memenangi adu penalti 4-2 atas Mesir. Dua sepakan penalti Mesir atas nama Abdelmonem dan Mohanad Lasheen gagal menjadi gol, sementara Senegal hanya gagal sekali ketika eksekusi penalti Bouna Sarr ditepis.

Di laga ini, bukan mane yang menjadi man of the match. melainkan Abou Gabal. 

Baca juga : Final Piala Afrika 2021: Mo Salah Vs Sadio Mane

Selain tangguh di bawah mistar gawang, Abou Gabal juga tercatat ikut membantu timnya membangun serangan. Ia tercatat melepas 29 umpan jauh meski hanya sembilan saja yang tepat sasaran.

Ini kali pertama Senegal juara. Sejak turnamen dimulai pada tahun 1957, Mesir masih memegang status sebagai raja sepak bola Benua Afrika.

Baca juga : 3 Pemainnya Masuk Timnas U-23, PSIS Semarang Yakin Kans Juara Piala AFF Besar

Sudah tujuh trofi Piala Afrika mereka bawa pulang. Koleksi tujuh titel juara Piala Afrika diraih Mesir pada 1957, 1959, 1986, 2006, 2008, dan 2010. Kamerun berada di tempat kedua dengan koleksi lima titel juara. Adapun, Senegal akhirnya pecah telur di Piala Afrika edisi 2021 setelah dua final sebelumnya hanya menjadi runner-up. [IPL]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.