Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rapat Anggota Nasional PB KODRAT

Bamsoet Siapkan Tarung Derajat Hadir Di Dunia Metaverse

Sabtu, 5 Maret 2022 18:13 WIB
Ketua Umum PB KODRAT Bambang Soesatyo (kedua kiri) memimpin Rapat Anggota Nasional (RATANAS) PB KODRAT Tahun 2022, di Bandung, Sabtu (5/3). (Foto: Dok. PB KODRAT)
Ketua Umum PB KODRAT Bambang Soesatyo (kedua kiri) memimpin Rapat Anggota Nasional (RATANAS) PB KODRAT Tahun 2022, di Bandung, Sabtu (5/3). (Foto: Dok. PB KODRAT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) Bambang Soesatyo bersama keluarga besar PB KODRAT sedang mempersiapkan program kerja menghadirkan Tarung Derajat di berbagai platform media digital. Dari mulai membuat konten video menarik seputar jurus-jurus terjitu Tarung Derajat yang bisa diunggah ke YouTube, membuat game online Tarung Derajat, hingga membuat perguruan digital Tarung Derajat di dunia Metaverse.

Tidak ubahnya seperti Manchester City yang membuat gebrakan dengan menjadi klub sepak bola pertama yang membangun stadion di dunia Metaverse. Berbagai sektor kehidupan lainnya seperti perbankan hingga pelayanan pemerintahan juga sudah mulai bergerak memasuki dunia Metaverse. Bank Negara Indonesia (BNI), misalnya, sedang mempersiapkan membuat kantor cabang di dunia Metaverse. Pemerintah Metropolitan Seoul juga sedang membangun ekosistem Metaverse untuk seluruh layanan administrasi di bidang ekonomi, kebudayaan, pariwisata dan pendidikan.

"Langkah serupa juga dilakukan Pemerintah Barbados yang sedang mempersiapkan diri membuka kantor kedutaan besar di jagat Metaverse di Decentraland. Menjadikan Barbados sebagai negara pertama yang akan memiliki lahan di dunia digital. Semakin menunjukan bahwa teknologi baru seperti Metaverse, Web 3, Kripto, NFT, Blockchain, hingga Artificial Intelligence telah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tidak mungkin bisa dihindarkan. Termasuk oleh para pelaku olahraga dan seni bela diri seperti Tarung Derajat," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, saat membuka Rapat Anggota Nasional (RATANAS) PB KODRAT Tahun 2022, di Bandung, Sabtu (5/3).

Baca juga : Bamsoet Dorong Indonesia Aktif Mewujudkan Perdamaian Dunia

Turur hadir dari Perguruan Pusat Tarung Derajat, antara lain Sang Guru Achmad Dradjat (Aa Boxer), Sang Guru Badai Meganagara Dradjat, Sang Guru Rimba Dirgantara Dradjat, dan Sang Guru Dara Mentari Dradjat. Sementara, pengurus PB KODRAT yang hadir antara lain, Ketua Harian Brigjen Pol Syamsul Bahri, Sekjen Kolonel TNI Asep Sugiharto, Bendahara Umum AA Bagus Adhi Mahendra Putra, Bendahara Nofel Saleh Hilabi, Koordinator Pelaksana Bidang Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Humas dan Media Hasby Zamri, serta Wakil III Sekretaris Jenderal Christophorus dan Astrid Monika.

Hadir pula pengurus KODRAT dari berbagai provinsi. Antara lain, Ketua Harian KODRAT Jambi Engkos Kosasih, Ketua Harian KODRAT DKI Jakarta Andhika Rahman, Ketua KODRAT Banten Agus Suryana, Ketua KODRAT Jawa Tengah Putut Sutopo, Ketua Harian KODRAT Jawa Timur Erwin Poejno, Ketua KODRAT Bali Gusti Ngurah Jaka Pratidnya, Sekretaris KODRAT Jawa Barat Asep Hermawan Wijaya, Sekretaris KODRAT Daerah Istimewa Yogyakarta Dedih Kusnadi, serta 16 pengurus KODRAT dari berbagai daerah lainnya yang mengikuti RATANAS secara virtual melalui zoom.

Ketua MPR ini menjelaskan, sebagai motor penggerak organisasi, PB KODRAT juga akan memaksimalkan keberadan Asian Federation Tarung Derajat (Federasi Tarung Derajat Asia) yang telah dibentuk pada 7 Maret 2015 oleh Perguruan Pusat Tarung Derajat bersama kepengurusan Tarung Derajat dari berbagai negara, seperti Malaysia, Vietnam, Myanmar, Filipina, Laos, Thailand, dan Singapura. Sebagai wadah perjuangan agar Tarung Derajat bisa menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan dalam SEA GAMES XXXII yang akan diselenggarakan di Kamboja pada tahun 2023 mendatang.

Baca juga : Bamsoet Dorong Tarung Derajat Berkembang Di Kancah Internasional

"Tarung Derajat pernah hadir sebagai cabang olahraga eksibisi pada SEA GAMES 2011 di Palembang. Agar bisa dipertandingkan secara resmi di ajang olahraga SEA GAMES setidaknya harus mendapatkan dukungan empat negara, termasuk tuan rumah penyelenggara. Melalui kepiawaian diplomasi Indonesia, serta didukung keberadaan Asian Federation Tarung Derajat, seharusnya hal ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menyadari, masa bakti empat tahun adalah waktu yang singkat untuk mewujudkan berbagai cita-cita besar tersebut. Namun dirinya optimis, dengan semangat dan etos kerja yang tinggi, sinergi dan kolaborasi dengan segenap pemangku kepentingan, keluarga besar PB KODRAT akan mampu mewujudkan berbagai cita-cita besar tersebut.

"Saya mengajak segenap elemen organisasi Tarung Derajat, khususnya kepada jajaran Pimpinan PB KODRAT dan para Ketua Pengurus Provinsi, untuk bersama-sama membangun konsolidasi organisasi, mulai dari tingkat pusat sampai tingkat provinsi, bahkan sampai ke tingkat cabang sebagai ujung tombak pengembangan organisasi. Mari kita wujudkan kaderisasi dan regenerasi secara kontinyu, berkesinambungan, dan terpadu, dari tingkat pusat hingga tingkat cabang di seluruh wilayah Nusantara. Di samping itu, pengembangan sumber daya pelatih yang berkualitas juga akan menjadi faktor kunci untuk melahirkan atlet Tarung Derajat yang handal dan bermental juara," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.