Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora Dorong Masyarakat Giat Bergerak Untuk Kebugaran

Minggu, 27 Maret 2022 05:34 WIB
Menpora Zainudin Amali di acara Lomba Senam Kreasi Daerah se-DIY, di Graha Wana Bhakti Yasa, Jl Kenari 14 Yogyakarta, Sabtu (26/3). (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali di acara Lomba Senam Kreasi Daerah se-DIY, di Graha Wana Bhakti Yasa, Jl Kenari 14 Yogyakarta, Sabtu (26/3). (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali mengapresiasi kelompok masyarakat yang menggiatkan Indonesia bergerak dengan berbagai aktivitas olahraga. Pasalnya, ada fakta dari sisi kebugaran, masyarakat Indonesia masih sangat tertinggal, apalagi ketika pandemi datang.

Hal ini disampaikan ketika membuka Lomba Senam Kreasi Daerah se-DIY, di Graha Wana Bhakti Yasa, Jl Kenari 14 Yogyakarta, Sabtu (26/3) pagi.

"Ketika negeri ini dilanda oleh pandemi banyak yang terpapar akibat daya tahan tubuhnya kurang baik, imunnya tidak bagus. Daya tahan tubuh atau imun salah satunya disebabkan oleh kebugaran fisik dan kebugaran fisik adalah hasil dari kita bergerak, bergerak yang sederhana sekalipun," kata Menpora. 

Baca juga : Wapres Dorong Ekonomi MasyarakatLewat Bank Wakaf Mikro

Menpora mengapresiasi upaya masyarakat, yang dalam lomba kali ini diselenggarakan ormas MKGR, serta Gerakan Perempuan MKGR yang memulai lagi aktivitas ditengah-tengah masyarakat dengan senam.

Dengan adanya Perpres No 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan telah disahkan UU No 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan diharapkan semakin masyarakat bergairah berolahraga dan prestasi dapat dirancang dengan baik.

Demi percepatan dan mengembalikan semangat berolahraga khususnya di kalangan siswa, kerjasama antara Kemenpora dan Kemenbudristek dilakukan guna meluncurkan kembali Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) dengan versi terbaru dan sekarang sudah mulai disosialisasikan di sekolah-sekolah.

Baca juga : KKP Dorong Rumput Laut Jadi Penggerak Ekonomi

"Saya berharap MKGR mengambil peran itu, supaya masyarakat kita dorong kembali untuk mau berolahraga, zaman dulu ada slogan mengolahragakan masyarakat, memasyarakatkan olahraga, itu hilang, nah sekarang ini dengan adanya UU Keolahragaan yang baru dengan Desain Besar Olahraga Nasional itu akan kita gairahkan kembali," tegasnya.

Jika kita lihat memang benar dalam tagline DBON itu cetak juara, tetapi tidak ada juara yang lahir dari masyarakat yang tidak bugar, maka ekosistem pembinaan olahraga dari hulu hingga hilir harus direncanakan dengan matang, terarah, dan berkelanjutan.

"Jadi Desain Besar Olahraga Nasional mengatur dari hulunya kebugaran dan hilirnya adalah prestasi, mari bersama ambil peran masing-masing," tutupnya.

Baca juga : January Jones, Marah Dikatain Jelek Saat Tak Ber-make Up

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong didampingi oleh Ketua Umum KONI DIY Joko Pekik Irianto dan para pengurus MKGR DIY, juga disuguhkan Senam Kreasi DIY oleh adik-adik yang sangat apik dengan kostum Jawa dengan iringan Gending Kreasi Modern Sluku-sluku Batok. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.